Wah, baguslah, nanti kucoba alamat beli buku itu. Kemarin, sempat ke
BDG, katanya buku jln suci dah pindah ke Palasari. Gag tahu dimana
Cihapit. Ku sempat ke ITB aja. Pasar Kamis Tangerang ? Belum pernah
coba.

R&R dua minggu barusan, utamanya ke JCS (juga bisa presentasi di ITS,
UNS, Geol UGM, FTM UPN, LIPI, ITB, P3G, JKT), sambil cari buku, dan
dapat beberapa di samping Pasar Turi (SBY), 35 buku di Sriwedari (Solo),
malah ada buku tua 1915'an, 1925, 1950'an di situ. Llau juga 15'an buku
di Jogja, 10 buku BDG. Total 25 kg'an, terkirim lewat pos/tiki, dan
sudah datang semua di PKU.

Kedepan memang rasanya akan efektif dengan perpustakaan di internet.
Memang membaca soft file masih sulit. Perlu mencetaknya untuk bisa baca
nyaman. Seribuan buku itu kususun dengan kelompok sciencenya. Fisika,
Mathematik, Kimia, Biologi, Geologi, Evolusi, Paleontologi, Geodesi,
Geografi, Sejarah, Ekonomi, Psikologi, Peta-Atlas, Majalah science,
Kesenian, Bahasa, Musik-Gending, Sastra, Kamus, dll.

Syukurlah, Komple Library terus di pertahankan. Orang orang Belanda ini
adalah awal-awal scientist geologi. Termasuk juga Vening Meinesz, yang
membuat data gravitasi ocean, termasuk laut di Indonesia.

Pentingnya perpustakaan, amatlah jelas. Sampai, kalau saja di suruh
pilih: dapat akses perpustakaan seluruh dunia atau mobil BMW ? Maka
kupilih bisa akses perpustakaan (dan mobil BMW, dan yang lain-lainnya,
he..he..he....).

Salam,
MYT.