Kalau disini memang mbahnya klenik..(he..he..he..).

  Barusan mereka mengadakan 36th Bangkok Gem & Jewelry Fair.
  Even tahunan skala internasional. Berarti kan sudah 36 tahun!.
  Coba berkunjung ke
  www.thaigemjewelry.or.th

  Betul memang lulusan kita (termasuk saya) dulu cuma
  berpikir kerja di : minyak,geothermal, tambang (batubara, emas).

  Saya waktu mahasiswa  juga pernah berkunjung ke workshopnya Pak Miko.
  Termasuk tanya2, berapa harga alat potong dan gosok.
  Waktu itu bagi saya mahal sekali ..

  Mahasiswa lulus yang dicari kerjaan. Karena belum punya modal, koneksi,
  wawasan dlsb. Kecuali yang ortunya pengusaha/pedagang
  mungkin lebih terbuka wawasanya.

  Coba ada link (atau Perguruan Tinggi yang harus aktif mencari link??)
  ke industry per-gemstone-nan secara nasional/internasional.
  Tentu akan terbuka wawasan. Oo, mungkin geologist bisa kerja di
  butik gemstone, dan bisa menjual ilmu geologynya disana..
  Atau mahasiswa kerja praktik di butik gemstone di Senayan Plaza...tentu
  banyak yang antri....he..he..he..

[EMAIL PROTECTED] wrote:

mas amin tidak usah terlalu resah dg negeri sendiri. coba tanya teman2 yg
ada di bangkok atau tempat lain di thailand, di sana juga masih kental dg
mistik dan dikaitkan dg bebatuan juga.

salam,
syaiful

Amir Al Amin
oo.com> cc:
Subject: Re: [iagi-net-l] Gemology (Re: [iagi-net-l] Re: batu giok,
01/12/2006 salam dari jambi)
04:54 PM
Please respond
to iagi-net

Saya dengar kalau Thailand itu
menguasai pasar dunia per-gemstone-an. (Apa betul seperti itu Pak Miko?)
Bahkan batumulia dari Australia dan negara2 lain didatangkan untuk
diolah.

Institute Gemology Thailand, sering diiklankan setengah halaman koran.
Juga mereka punya jurusan Gemology , yang terpisah dari geology
di salah satu universitasnya.

Saya iri juga melihat negara tetangga, kok maju benar gemstonenya.
Sementara kita masih banyak bergelimang dengan mistik, wahyu,
ajimat...dlsb.
Yang batunya pakai dibungkus2 kain putih, merah...bertulis huruf jawa,
arab, ataupun china. Yang lebih berbau penipuan, dari pada bisnis yang
sehat.

Salam

Nataniel Mangiwa wrote:
Pak Miko, saya masih sempat ikut kuliah dari Pak Andri (Endapan
Mineral) dan memang waktu itu ada kunjungan ke show room Pak Miko. Dan
sebelum kunjungan kita dikasih kuliah pendahuluan tentang Batu Mulia
ini.

Menurut saya rekan-rekan mahasiswa waktu itu sangat banyak yang
interest dengan Batu Mulia ini. Bahkan ada senior saya yang namanya
Brur Dasep Sabarudin, beliau ini sempat mendalami dengan sangat serius
(sampai hunting di kaki-kaki lima) aspek geologi tentang batu mulia
dan tentunya mendalami juga aspek mistik nya. Brur Dasep ini
juga-kalau saya tidak salah-adalah mahasiswa ITB S1 yang pertama
thesis tentang Batu Mulia.

On 1/12/06, miko wrote:
> Pak Amir Al Amin,
> Institute of Gemology Indonesia sepertinya memberikan kursus gemology
> program singkat atau sampai 6 bulanan ( untuk meraih gelar GG-Graduate
> Gemologist ). Selain dari itu, pengelola Institut biasanya menerima
> pekerjaan appraisal alias memeriksa dan mengeluarkan sertifikat
batumulia.
> Sejak beberapa tahun ini ITB membuka mata kuliah pilihan batumulia yang
> dimotori oleh Dipl.Ing Andri S Mubandi. Mang Okim kadang-kadang diminta
jadi
> [...]

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)

Yahoo! Photos
 Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays,
whatever.