To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Friday, January 13, 2006 10:58 AM
Subject: [iagi-net-l] Selective Sampling --> RE: [iagi-net-l] Gemology (Re: [iagi-net-l] Re: batu giok, salam dari jambi)

Naaah .... ini baru masalah statistik, yaitu masalah sampling.
Sampling yg dipakai dibawah ini menggunakn selective sampling. Sample
tersebut ternyata ... Hanya yg menjadi anggota milist dan hanya yg
"bersuara" di milist. Makanya hanya dijumpai dua geologist yg
berkecimpung di perbatuan (gemstone). Apakah hanya dua dari seluruh
Indonesia ?

Hampir semua data sumur geologi di perminyakan merupakan selective
sampling. Sumur hanya dibor pada daerah yg diperkirakan ada minyak.
Artinya kita mengejar sesuatu dari yg "dianggap" sudah tahu. Bahkan
seismicpun hanya dilakukan pada daerah tertentu.

Nah sadarkah anda bahwa hampir semua sumur walaupun itu sumur dinyatakan
water wet selalu ada gas. Artinya Gas is every where. Simak tulisan di
AAPG Explorer November 2005 lalu.
"A lot of water wells have gas in them in that part of the world," she
said. "You get the feeling that there's gas everywhere out there."

RDP

Saya setuju dengan pk Zaim.....dari seluruh geologist
Indonesia yang ada hanya dua orang saja yah....?.

Salam

hilman sobir

--- Yahdi Zaim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> dan mineral lainnya....
> Contoh nyata sebenarnya juga ada pada Pak Miko sendiri, sebelum
> bergelimang dengan kilauan batumulia, beliau berkutat erat dengan
> seismik dan stratigrafi dan data pemboran milik TOTAL. Nah setelah
> beliau banting stir ke batumulia, bidang yang juga sangat mulia,
> ternyata beliau malah lebih berkilau.
> Jadi, kalau kita mau jujur, yang banyak berkomentar soal pendidikan
> per-gemstone-an.kan Anda2 dari profesional MIGAS, BATUBARA dan
> EKS[LORASIONIS MINERAL kan ??
> Yang sangat memikirkan, yang benar2 bergelut dengan
per-batumulia-an
> kok rasanya cuma Pak Miko, dan rekan saya Andri SS Mubandi yang
> berusaha memunculkan mata kuliahnya di Departemen Teknik
Geologi ITB.
> Yaaahh...jujur sajalaah...
>
> Wassalam,
>
> Yahdi Zaim,
>
> Program Studi Teknik Geologi
> FIKTM - ITB

Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)