He..he..he.. Pak Ukat slalu saja punya jawaban. Syukurlah sukses
ngantenan putra ragilnya, 15 jan lalu.

Gini Mas Vicky.
Science itu dari kata natural scienec (indah, bagus, teratur, pokonya ya
yang apik-apik). Yang tidak indah-teratur, ya tak scienec, maka tidak
science. Benda terlihat teratur (yang lalu katakan sebagai science) bagi
seseorang, benda itu bagi orang lain , kalau saja juga bisa melihatnya
benda itu, belum tentu sebagai teratur (yang maka terlihat benda itu
bukan science). Pelangi memang indah bagi yang bisa melihatnya. Bagi
yang tidak bisa melihat (misal buta), maka pelangi tak indah, tak
science.

Natural scienec adalah melibatkan adanya keteraturan benda (physics).
Jadi mesti ada benda (physics-nya) pada science. Tak ada science yang
tak melibatkan parameter physics. Ada ? Benda physics tak peduli itu
indah atau tidak, maka dalam cakupannya. Yang tak indahpun juga di cakup
dalam penelitiannya. Namun memang tak ada benda yang tak indah, bagi
yang tahu. Jadi semua benda ya physics, ya indah, ya scienec, ya
science. Yang physics belum tentu science karena tak indah bagi
seseorang yang melihatnya. Physics mencakup semua science dan juga
daerah di luar science.

Semua science akan melibatkan fisika. Janganlah mau disebut sebagai
fisikawan kalau saja tak mau mencakup semua science yang ada sekarang.
PHYSICS (huruf besar), ini termasuk dan tak terbatas pada : fisika atom
(kimia), fisika bumi (earth science, geologi, geophysics), fisika ruang
angkasa (astronomi), fisika life (biologi), kedokteran (physician),
psikologi, ekonomi, politik, hukum, seni, teknik, dll, sebagai
redefinisi kata "physics" (huruf kecil), dari kata physics yang di pikir
orang umumnya saat ini (Maryanto, 2005).  Difinisi baru itu adalah kata
physics yang saya rasakan atas kata physics di masa Yunani jaman
Aristoteles itu.

Tak ada angka keramat, termasuk angka 70. Angka pereode gelombang 70 km
itu kalau satuannya lain, misal mile, maka pereodenya tidak 70 lagi.
Keteraturan pereodik lah yang sebut indah, atau yang menjadikan 70 itu
angka science. Apakah angka 70 tidak persisten? Sejak dulu, angka 70 ya
itu saja. Konstan. Belum pernah menjadi angka lainkan?

Kalau ada perubahan pereode jarak 31 km menjadi 70 km, yang ini
melibatkan pengkuran alam, yakni natural yang scienec itu, dan juga
kalau ada misal semula 4 sesar menjadi 10 sesar sekarang, maka ya itulah
sciencecnya, scince-nya. Konstan, persisten. Ga gitu Mas Vicky ?

Nah: Jadi apa iya 7 itu scientific ?
Bukankah angka 7 itu ada pada keteraturan urutan angka? Urutan itu, 1,
2, 3, 4, 5, 6, 7 (tujuh), 8, ... Tujuh ini ada pada urutan yang ada
keteraturannya, natural yang scienec, maka disebut science. Tujuh akan
ada, atau berarti, kalau saja ada angka lain. Tujuh adalah kata prima,
hanya bisa habis di bagi oleh bilangan itu dan angka 1. Semakin kecil
angka primanya, kemungkinan semakin banyak muncul di alam. Gitu Mas ?

Daftar ukuran dari ukuran: 1 preelementari partikle, 2 bacteri, 3
manusia, 4 bumi, 5 solarsytem, 6 galaksi, dan 7 universe. Tahukah itu
suatu ukuran akan mantab meningkat lebih besar, apabila kelipatannya 10
pangkat 7 disetiap peningkatan tingkatan itu ? MAR (Mass size
Accomplishing Range) Scale, perlihatkan hal itu. Dan berapa level mantab
semuanya itu yang terlihat dan dirasakan manusia ? Ya, ada 7 tingkat
system mantab. Itukah yang di sebut 7 langit ? Kurasa tidak. Dari yang
kelihatan , disebut MassSeen itu, masih mungkin ada yang lebih kecil
lagi MassALIT, juga ada yang lebih besar lagi dari universe, MassAGUNG.
Karena science hanya MassSeen, maka yang lain itu masih bisa di sebut
"bukan science", walau ruangan itu sudah ku lihat kini.

Wassalam,
Maryanto.