  Ndang

  Saya dengar PLTP Bedugul tetap belum dapat operasional karena
  alasan alasan yang Anda sebutkan diatas.
  Apa benar ?

  Saya kira alasan alasan tradisi/ sosial budaya , sepanjang itu
  masih dapat di"kompromikan" , mungkin lebih mudah diselesaikan
  dibandingkan dengan trend saat in bahwa "penduduk setempat" atau
  dalam bahasa HAM itu "indigeneous people" harus mendapatkan
  manfaat yang paling besar.
  Apa yang terjadi saat ini dalam dunia pertambangan merupakan
  pil pahit bagi seluruh bangsa, karena setiap pihak yang "merasa
  berhak" akan menggunakan segala macam cara agar tujuannya tercapai.

  Ini tidak hanya berlaku pada masyarakat adat , tetapi juga dilakukan
  oleh Pemerintah Daerah yang "syah".
  Ingat bagaimana Pemda`Kabupaten Garut (lembur si Nini) menyita peralatan
  Amoseas, PemDa Kabupaten Bojonegoro memblok jalan kelokasi pemboran
  Pertamina.

  Benar benar negara BBM (benar benar mabok), semoga ajakan ADB untuk
  memberikan penyadaran intelektual dapat dilaksanakan, tetapi melihat
  kejadian disekeliling kita , saya koq pesimis dapat dilaksanakan
  dalam waktu singkat. Wallohualam.

  Si- Abah

  Yang lebih unik lagi Geothermal E&P di Indonesia juga tak lepas daripi