To: <iagi-net@iagi.or.id>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, April 14, 2006 4:32 AM
Subject: [iagi-net-l] Air botol dan Geologiawan Air-Tanah

Rekan-rekan IAGI,

Di Amerika Serikat, istilah-istilah yang berkaitan dengan air botol seperti yang dicamtumkan oleh rekan Rovicky Dwi Putrohari, mempunyai nilai uang. Soalnya istilah- istilah air mineral, air artesis, air sumber (spring water) dsb. sudah diatur oleh Kantor Urusan Makanan dan Obat (Food and Drug Administration), sehingga harga air botol yang menggunakan cap seperti air mineral, air sumber, mempuunyai harga yang berlainan.

Kecuali itu, penggunakan cap-cap tadi juga harus dipastikan oleh geologiawan yang bertitiel Geologiawan Profesional (P.G. = Professional Geologist, yang harus lulus ujian negara). Disamping itu macam-macam analisa kimia (kekerasan, radiometri, bakteri dsb.) harus dilakukan di laboratorium yang sudah terdaftar. Ya, banyaklah peraturan-peraturan yang tujuannya antara lain unutk melindungi masyarakat dan juga untuk memperkuat daya saing bagi si penjual air.

Biasanya, hanyalah perusahaan-perusahaan air yang besar yang mempunyai staf geologiawan. Sebagai konsultant paruh-waktu, pekerjaan saya yalah mengerjakan penyelidikan air tanah (untuk minuman atau persoalan lingkungan) dan menentukan tempat pengeboran. Jadi disamping jadi kuli ataupun mandor, saya harus juga menulis laporan geologi air tanah untuk diserahkan kepada pemerintah (propinsi ataupun pusat).

Bagi rekan rekan IAGI, yang menaruh perhatian dalam geologi air tanah (ataupun geologi lingkungan) kecuali geologi minyak, marilah kita mulai bertukar pikiran tentang masalah geologi tsb. Seperti mas Sudjatmiko (Mang Okim) yang mulai kariernya di bidang minyak, dia menjadi pakar batu mulia di Indonesia, dengan keberanian melintas batas pendidikn formil dia. Banyaklah "jalan menuju ke Roma".

(sebagai kecapnya dan umuk" {kata orang Jawa}, saya lulusan Tambang ITB (1961), macam-macam pekerjaan, bahkan bekerja sebagai geologiawan riset dalam geologi minyak di perusahaan minyak terbesar di A.S. di Houston, 25 tahun yang lalu {yang kalau nggak salah namanya mulai dengan huruf "E", perusahaan yang sudah masuk di Cepu!}, sekarang cari hidup di Atlanta menangani persoalan pencemaran tanah dan air-tanah termasuk remediasi-nya).

salam dari Marietta (kampungnya Atlanta)

Jojok Sumartojo
Marietta, Georgia, USA