To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Monday, May 01, 2006 2:59 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] overbalanced drilling, gimana hasil test nya?{ was Re: [iagi-net-l] Pressure data QC ...

Pak Cikko, maksudnya perbedaan pressure antara formasi dan mud yang 800 psi tidak merusak formasi? jadi hasil evaluasi yang menyatakan tight (tidak ada reading) adalah valid?

overpressure nya ada di shale tebal yang ada diatasnya, awalnya saya menginterpretasikan hasil study/analisa beberapa tahun setelah drilling tsb. sebagai indikasi bahwa di sand ini zone nya sudah balik jadi normal pressure.

besok saya lihat lagi datanya lebih detail, mungkin bisa share angka2 lewat japri kali ya?

Pak Nathan, dan Pak Gantok,
sumurnya sudah plug and abandoned thn 1970an, dan tidak ada sidewallcore atau core yang lain, yang ada hanya data cutting (hasil interpretasi, karena sample nya sudah rusak).
hanya satu sumur yang penetrate zone ini, di struktur ini.
mungkin saya harus check tetangga, sayang nya lapangan2 tetangga milik perusahaan lain. saya akan coba diskusi dengan kawan2 yang lagi bikin regional study yang bikin regional profile dari Malay basin ttg temperature, pressure, velocities, density dst.

terima kasih atas penjelasan nya.

salam,
frank

                     Franciscus B
Sinartio To: iagi-net@iagi.or.id
                     <[EMAIL PROTECTED]        cc:
.com> Subject: [iagi-net-l] overbalanced drilling, gimana hasil test nya?{ was Re: [iagi-net-l] Pressure data QC ...
                     28/04/2006 08:39
                     PM
                     Please respond to
                     iagi-net

mau ikutan nanya ttg test data.

saya lagi evaluasi suatu sumur yang di dril sekitar 1970 an, menurut hasil
evaluasi beberapa tahun kemudian mudweight nya terlalu tinggi, jadi
overbalanced gitu.
dan perbedaan pressure dari mud dengan formasi sekitar 800 an psi.
Pertanyaan saya, apakah hasil RFT nya bisa dipakai (valid?), RFT nya
menyatakan bahwa itu adalah tight zone,
Neutron dan Density curve saling mendekati, dan gamma ray sangat jelas
menyatakan sand (perbedaan GR value nya rata2 lebih rendah  60 unit dari
shale diatas nya.)
porosity rata2 dari Neutron dan density sekitar 12 % persen, kedalaman
10000 an feet.

ada gas reading kecil di C1 sampai C4

drilling di stop setelah masuk 20 an  feet di zone tsb. karena takut sama
overpressure(dari shale yang diatasnya) , dan dianggap bahwa tidak ada lagi
zone yang bisa ekonomis (karena porosity dst)

hal lain yang saya ingin diskusikan...
awalnya saya pikir limestone karena respons dari seismic (rock physics dan
geomophology nya), jadi saya minta tolong petrophysicist nya me run MN plot
dan lithology calculation/recognition yang lain nya.  hasilnya
petrophysicistnya tetap yakin itu sandstone.

saya jadi mikir2, sandstone nya koq keras banget. apakah mungkin itu adalah
"beach sand" dimana sand nya halus dan cukup widespread, dan di "kotori"
dengan pecahan2 shell binatang laut dll.  (oh ya... di cutting disebut ada
ketemu calcareous fragment, tetapi percentage nya kecil saja).  butir2an
sand nya variasi (saya check dulu apakah ada coarse grain, saya lupa dan
tidak ngutak-ngatik well ini selama 2 minggu terakhir)

umurnya late oligocene sampai early miocene ( di Malay basin tidak ada atau
belum ada  sumur yang penetrasi limestone di tertiary nya, yang ada
limestone di pre-tertiary (outcrop))

terima kasih sebelumnya atas jawaban/diskusi Ibu2/Bapak2.

salam,
frank

This e-mail (including any attached documents) is intended only for the
recipient(s) named above.  It may contain confidential or legally
privileged information and should not be copied or disclosed to, or
otherwise used by, any other person. If you are not a named recipient,
please contact the sender and delete the e-mail from your system.