Saya pikir, terlalu lebar mengaitkan Wilson Cycle dengan sejarah rifting suatu
cekungan (pre-rift, syn-rift, post-rift, sagging, syn-inversion,
post-inversion). Memang Daur Wilson itu dimulai dengan rifting episode. Sampai
sejarah sagging masih mungkin diikuti, tetapi dari titik ini kemudian terjadi
perbedaan yang jauh antara Daur Wilson dan sejarah rifting cekungan. Daur
Wilson menghendaki ocean-floor spreading yang berujung ke pembukaan samudra
baru. Dan, itu tak dipenuhi oleh sejarah cekungan. Sebab, di Indonesia Barat,
tak ada sejarah pemekaran dasar lautan yang didahului oleh rifting. Maka, tak
cocok membawa Wilson Cycle ke sejarah rifting cekungan.

Coba kita dudukkan dulu terminologi Wilson Cycle dengan benar agar tak terjadi
kelirumologi. J. Tuzo Wilson, seorang ahli geologi Kanada, mengajukan suatu
daur tektonik tentang pembukaan dan penutupan lautan pada awal 1970-an
(kemudian daurnya itu dikenal sebagai Wilson Cycle). Di dalam daur ini termasuk
continental fragmentation (yang didahului rifting), pembukaan dan penutupan
ocean basin, dan re-assembly kontinen. Satu Daur Wilson ini lamanya rata-rata
sekitar 500 juta tahun. Nah, sejarah rifting cekungan hanya masuk di awal-awal
saja bukan ?

Saat ini, Wilson Cycle telah berkembang menjadi apa yang disebut
"Supercontinent Cycle Hypothesis", yaitu bahwa supercontinent terjadi telah
melalui daur-daur Wilson sebab superkontinen disusun oleh semua atau hampir
semua massa daratan di Bumi, break-up, dan re-form dalam suatu cyle yang
lamanya 500 juta tahun.

Kita masih ingat dengan baik supercontinent Pangaea (Pan-gaea = seluruh Bumi),
sebuah superkontinen yang ada di penghujung Masa Paleozoikum. Mengikuti Daur
Wilson, Pangaea mulai pecah selama Trias, dan sampai sekarang masih belum
bersatu lagi, terdistribusi menjadi sebaran benua dan lautan seperti sekarang.
Umur Bumi tak hanya sejak Paleozoik. Benua telah ada sejak 4000 juta tahun yang
lalu. Maka, Pangaea tentu bukanlah satu-satunya superkontinen yang pernah
dipunyai Bumi. Di Kurun Proterozoikum, pernah ada beberapa superkontinen (a.l.
Rodinia di sekitar 3000-2500 Ma) yang pecah lagi, melalui beberapa
superkontinen lebih muda, dan akhirnya re-assembly menjadi superkontinen yang
kita kenal dengan baik : Pangaea.

Begitulah menempatkan terminologi Wilson Cycle. Kita kembali ke Gunung Kidul,
Yogyakarta. Mengapa kita mesti harus selalu menggunakan terminologi syn-rift,
post-rift, sagging, syn-inversion dll. di mana-mana ? Tidak akan cocok.
Terminologi itu hanya cocok dan bagus untuk diterapkan di cekungan2 belakang
busur Indonesia Barat (back-arc basin). Ke Indonesia Timur, kita menggunakan
terminologi yang lain yang berhubungan dengan proses rift-drift-collision-
proses pecahnya tepi utara Australian Plate dan pisahnya beberapa
mikro-kontinen serta perbenturan mikrokontinen ke massa terrane lain.

Apakah Gunung Kidul dalam sejarah stratigrafinya pernah menjadi back-arc basin
? Saya meragukannya, sehingga mencoba menerapkan terminologi sejarah rifting
back-arc basin di Gunung Kidul tak akan cocok atau akan mengalami kesulitan.
Saya pikir, Gunung Kidul pernah menjadi cekungan intra-arc pada Oligo-Miosen,
dan setelah itu fore-arc basin. Tak pernah menjadi back-arc basin, kecuali
kalau kita bisa menemukan jalur volkanik umur Eosen di Samudra Hindia sekarang.
Lalu apa setting Wungkal-Gamping yang Eosen itu. Agak sulit melihatnya sebab
setting Eosen Jawa sulit dimengerti karena datanya jarang. Dengan data yang ada
sekarang, mungkin oceanic basin. Kondisi baru jelas saat Old Andesite Kebo
Butak diendapkan, itu setting intra-arc dan sejarah tektonostratigrafinya
adalah syn-orogen sediments (tak ada kan syn-rift ?). Nglanggran dan Wonosari
pun hampir sama, hanya Wonosari reefal carbonates yang tebal itu memanfaatkan
saat-saat volkanisme di wilayah ini reda pada 18-12 Ma.

Jadi, dalam pikiran saya, kalau sekuen-sekuen syn-rift terus loncat menjadi
sekuen kompresi, membingungkan, ya wajar saja sebab tak seharusnya terminologi
back-arc basin diterapkan di wilayah yang bukan back-arc basin. Maka, untuk
konfirmasi dulu, harus dicari, apakah setting tektonik Gunung Kidul pada saat
pengendapan Gamping dan Wungkal. Kalau ia benar back-arc basin di mana volcanic
arc nya. Yang jelas, pada saat Kebo Butak, Gunung Kidul adalah intra-arc, dan
sejak Miosen Akhir ia adalah fore-arc.

Petroleum system ? Ada beberapa fasies karbonat Wonosari yang bagus untuk jadi
reservoir. Beberapa pasir turbidit volkaniklastik di Nglanggran dan Sambipitu
pun bisa. Tetapi apa yang mau jadi source rocks ? Wonosari diendapkan sebagai
barrier reef yang menghadap ke Cekungan Batur Agung di utaranya. Tetapi, apakah
ada source-quality rocks yang diendapkan di depresi Batur Agung ? Saya
melihatnya bahwa depresi ini masih diisi dominan volkaniklastik. Sementara trap
pun kita tak/belum bisa banyak bicara sebab tak ada satu line seismik pun yang
memotong Peg. Kidul. Kalau saja ada satu titik oil seepages aktif di wilayah
ini, itu sudah indikasi sangat positif, tetapi kata teman2 UGM/UPN nihil
katanya. Tetapi, kabarnya ada carbonaceous beds/coal di dalam Wungkal. Evaluasi
petroleum system di wilayah ini masih dini, kerangka petroleum geology-nya pun
belum tuntas kita mengerti.

Salam,
awang