From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, June 08, 2006 2:06 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] RE: REDI Merapi

Saya sudah sejak lama percaya hubungan antara bulpur dengan
kegiatan-kegiatan bencana yg berasosiasi dengan sebuah pemicu
(trigger). Secara common sense memang gravitasi akan mempengaruhi
dalam angka yg sangat kecil. Namun kalau yang namanya trigger (pemicu)
jelas tidak harus besar. Pemicu hanya merupakan perubahan kecil yg
mempengaruhi kesetimbangan yg sudah jenuh.

Kalau belajar dari gempa Aceh 27 Dec 2004, munculnya "Earthquake
Swarm" terjadi tepat selaisih satu bulan. dimana gempa-gempa yg
berkekuatan kecil muncul dalam satu lokasi namun berkali-kali.

Pemicu gempa bisa saja letusan gunung berapi, dan letusan gunung
berapi bisa saja terpicu oleh gempa. Saya kok percaya teori
bolak-balik (feedback proccess) ini gara-gara belajar teori fractal
kali ya .. :)

Fractal dan chaos selalu dipicu oleh sebuah perubahan kecil. Bahkan
istilah kerennya kepakan sayap di Vietnam bisa mempengarhui badai di
Florida ...

RDP

On 6/9/06, Y S Yuwono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Purnama penuh hanya mempengaruhi secara signifikan pada permukaan air,
> sehingga pasang surut muka air laut (dan danau yang besar) akan lebih besar
> dibandingkan kondisi normal. Saya yakin lava dome merapi yang baru tidak
> akan banyak terpengaruh oleh gravitasi bulan (purnama) kalaupun ada
> pengaruhnya akan kecil karena lavanya terlalu kental untuk dipengaruhi oleh
> bulan purnama. Untuk lava yang lebih encer (basaltis) misalnya di Hawai dan
> Islandia mungkin pengaruhnya lebih signifikan.
> Justru yang saya kawatirkan yaitu bila tidak ada luncuran lava seperti
> [...]

How to win the game without breaking the rule --> make the new one !