Mas Adhi

Kalau udah loss circulation begitu apa masih ada hidrocarbonnya....?
apa hcnya masih bisa ditrap bila kita punya banyak loss circulation....?

Regards

Kartiko-Samodro
Telp : 3852

                      "Soerya Adhi"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       iagi-net@iagi.or.id

                      l.com>                   cc:

                                               Subject:  Re: [iagi-net-l]
Mengebor karbonat
                      16/06/2006 03:19

                      PM

                      Please respond to

                      iagi-net

Loss itu kan karena ada zone yang highly porous and permeable, di
karbonat umumnya karena adanya intensive vuggy porosity dan atau
fracturing . Tapi bisa juga karena BJ mud yang terlalu tinggi, cuma yang
ini
tidak akan dibahas di sini.

Jika loss ini dicoba dihentikan dengan improper LCM atau yang sejauh saya
tau biasanya tipe kulit padi atau sabut kelapa,  kedua tipe material ini
cenderung akan menyumbat lubang pori sampai jauh ke dalam. Pore size di
karbonat itu ukurannya jauh lebih besar dibanding yang ada di sandstone,
sehingga material2 ini dengan mudah bisa masuk kedalamnya, apalagi kalo
dipompakan.. Kalau sudah begini biarpun di acidizing saat DST atau
perforasi
ga akan banyak pengaruhnya. Paling2 kalau sudah mentok, ya dilakukan
artificial fracturing.
Tapi kalau untuk formasi2 karbonat yang benar2 porous, biasanya sih tidak
ada masalah dengan tipe LCM, yang gawat kalau porositasnya cuma
setengah2....

Tapi ini cuma berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya saja, kalau ada
yang punya pengalaman lain mungkin bisa di share...

-soerya-

http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/