---------- Forwarded message ----------
From: Hamzah Latief <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Jul 19, 2006 9:02 PM
Subject: Balasan: [GM-net] arsip Pikiran Rakyat
To: [EMAIL PROTECTED]

Rekan Alumni

Saya termasuk yang menyuarakan  bahwa Pantai Selatan Jabar aman, namun
konteks saat itu, bahkan saya tambahkan untuk beberapa minggu ke depan.
karena kondisi saat setelah bencana tsunami aceh semua masayarakat yang
berdiam di pesisir trauma dgn bencana dahsyat tsb, dan kita perlu
menenangkan masyarakat. Bukan membuat panik masyarakat.

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/12/29/brk,20041229-92,id.html

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/12/30/brk,20041230-74,id.html

Tapi jangan lupa usaha2 yang kita lakukan untuk mengingat pemerintah daerah
akan bahaya tsunami yang bisa saja menerjang daerah.  Saya yang diamanati
setiap tahun untuk memberi kuliah bagi staff Bapeda (termasuk yang datang
dari ciamis, cianjur dan kota/kab lain di Indonesia)  lewat program
Bapenas+PL-ITB ttg Bencana laut, selalu saya ingatkan potensi kejadian
tsunami di sepanjang pantai Indonesia

Saya pikir Dr. Nanang dari ITB, Dr. Terry Sriwana dari
Sekolah Tinggi Teknologi Mineral, Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika
(BMG) Bandung Dr. Hendry Subakti, Dr. Soewarno ahli geologi kelautan, dan
Dewi Kurnia dari Bappeda Jabar ada pada posisi seperti saya waktu ditanyakan
tentang masalah tersebut.

Sehingga kita tidak boleh melihat masalah ini secara parsial... harus
dilihat konteksnya.

Di MiLis lain beredar  arsip ini dan mereka para komentator hanya mampu
menyalahkan, tapi dia tidak pernah berbuat apa2.  Coba kalian ingat pernah
berbuat apa sih dgn bencana tsunami ini.  kalo kalian tidak mengerti
manajemen bencana maka ANDA TIDAK BERHAK UNTUK MENYALAHKAN PARA PENELITI di
atas  (kalo tidak percaya susahnya berhadapan dgn kondisi masyarakat maka
tolong hubungi Pak Surono P3G)

Tolong pahami lah...dan saya katakan saya tidak pernah menyesali pernyataan
yang saya kemukakan di Tempo Interaktif serta acara LIVE di TVRI Jabar
+banten (karena saya berbicara dgn data yang saya miliki saat itu), dan saya
juga berharap rekan2 yang berkomentar di PR memiliki keteguhan hati untuk
tetap yakin apa yang diperbuat saat itu.

Salam,
Hamzah (Ahli tsunami)
*E-mail ini boleh disebarkan ke Milis Lain

Agus Setiawan <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Salam,

mungkin arsip berita ini bisa jadi bahan pelajaran buat kita semua agar
berhati2 dalam mengambil kesimpulan.

arsip asli ada di:
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0305/04/04p03.htm

-agus-

Tsunami tak Akan Terjadi di Jabar Selatan

Tim Ahli Pastikan Pangandaran Aman

CIAMIS, (PR).-
Pantai Selatan Jawa Barat, termasuk Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis,
dipastikan aman dari bencana tsunami. Demikian hasil penelitian tim ahli
tsunami yang terdiri dari Dr. Nanang dari ITB, Dr. Terry Sriwana dari
Sekolah Tinggi Teknologi Mineral, Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika
(BMG) Bandung Dr. Hendry Subakti, Dr. Soewarno ahli geologi kelautan, dan
Dewi Kurnia dari Bappeda Jabar, yang diumumkan, Kamis (3/3) di sela-sela
hajat laut nelayan Pangandaran, Ciamis. Menurut juru bicara tim ahli Terry
Sriwana, sejak terjadinya tsunami di Aceh, pihaknya berusaha melakukan
kajian kemungkinan tsunami terjadi di Pantai Jabar Selatan. Lalu, setelah
sebulan tsunami terjadi di Aceh dibentuk tim ahli yang sekaligus untuk
melakukan recovery untuk objek wisata daerah pantai. Tim melakukan
pertemuan setiap pekan untuk membahas masalah kemungkinan tsunami di
Pantai Jabar Selatan. Dari kajian kajian ilmiah dan lainnya, akhirnya
menyimpulkan bahwa tidak ada masalah dengan pantai di daerah ini.

Dari hasil kajian atau penelitian yang kita lakukan, akhirnya kami
simpulkan bahwa pantai ini, termasuk Pangandaran aman dari tsunami. Karena
dengan kondisi laut dalam serta pantai terjal, sehingga energi gelombang
yang diakibatkan dari tabrakan lempengan Benua Australia dan Asia, tidak
akan sampai ke daerah kawasan pantai ini, jelasnya.Pihaknya juga melakukan
simulasi dari kemungkinan skenario terburuk ada bencana gempa tektonik di
laut. Hasilnya bahwa kalaupun ada gelombang besar, kemungkinannya hingga
ke pantai dengan ketinggian gelombangnya satu meter. Itu kondisi paling
buruk, sehingga pantai Jabar Selatan itu relatif aman, dan tenang.
Wisatawan tidak perlu takut lagi untuk datang ke Pangandaran, tegasnya.

Penelitian ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, karena pakar yang
tergabung juga benar-benar ahli dan punya dasar keilmuan yang kuat dalam
bidangnya. Namun ia menyarankan, untuk kawasan pantai ini mesti dijaga
lingkungannya, seperti ditanam bakau atau tanaman yang cocok. Lalu,
baiknya di kawasan bibir pantai tidak ada yang berjualan.

Bupati Ciamis H. Engkon Komara menyambut baik hasil penelitian dari tim
ahli yang mengkaji masalah kemungkinan tsunami di daerahnya. Sejak terkena
isu tsunami, katanya Pangandaran benar-benar terpukul. Ini jadi momentum
yang baik untuk pemulihan, karena hasil dari penelitian pakar Pangandaran
dinilai aman.

Sementara itu, Ketua DPRD Jabar H.M. Ruslan mengemukakan, hasil temuan tim
ahli yang menyebutkan bahwa daerah Pangandaran aman, mesti dilanjutkan
dengan program recovery yang sungguh-sungguh dari semua pihak. Ia optimis
Pangandaran maupun Palabuhanratu, bisa pulih lagi kalau semua pihak
terkait bekerja keras dan satu sama lain yang mendukungnya. (A-97)***

-----
Keluarga Besar GM-ITB, http://www.geoph.itb.ac.id/
Berita Alumni, http://www.iagm-itb.or.id/

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/IYOolB/TM