Saya waktu itu ikut hadir di arena diskusi.
Yang tertangkap oleh saya, ada 3 kemungkinan penyebab
semburan LUSI:
1. Mud Volcano:
2. Geothermal:
3. Underground Blowout:

Ke-3 kemungkinan itu mempunyai bukti-bukti
pendukungnya, dan tidak ada yang mengklaim yang paling
benar.

Bapak Rudi Rubiandini, dengan keyakinannya bahwa ini
adalah Underground Blowout, berpendapat semburan ini
masih dapat diatasi dengan relief well.

Sementara itu, dikhawatirkan bahwa LUSI mendapat
suplai air dari sistem aquifer yang berpangkal di
kawasan Gunung Arjuna. Kalau ini yang terjadi, maka
ngak ada obatnya.

Demikian pula kalau mud volcano. Ngak tahu cara
menghentikannya.

Tentang tanggungjawab, itu urusan pengadilan.

Bagaimana mengetahui salah satunya? Ditentukan hasil
relief well.

Salam,
WBS

http://mail.yahoo.com