Mas Oki,
ora usah bingung siapa yg bakal ngurusi hutan, tanah dan segala isinya. Biar
adik-2 junior kita, para fresh graduate yg pegang peranan, sambil dimentor oleh
para seniornya tentunya. Terus kalau mereka udah pada pinter bisa milih apa
tetap stay di tanah air atau ikutan jadi TKI. Hitung-2 nambah devisa. Biar juga
 sekalian ngurangin angka unemployment. ngono, lho Mas. Setuju?

salam,
fajar

oki musakti <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Setuju Pick,
  Caranya bisa dua, terorganisir atau gerilya.

  Yang terorganisir, pemerintah dan/atau organisasi profesi aktif 'menjajakan'
ke para user di luar. Bisa lewat kerjasama proyek, G&G, direct konsultansi
(model GDA atau Eksindo. Kemarin ketemu teman2 dari Lemigas yang dapat kontrak
untuk menghandle core databasenya   Aramco), third party provider dll. Jangan
lupa iklim birokrasi dibuat lebih nyaman (misalnya ketentuan paspor TKI yang
gak mutu tenan itu mbok ya dihapus wae).
  Juga pemerintah lebih aktif melobi negara2 sahabat agar persaratan visa masuk
untuk pemegang paspor Indonesia bisa diperingan. Suka ngiri kalau ngelihat
Encik Malaysia punya fasilitas visa on arrival atau bahkan bebas visa sementara
kita mesti bolak-balik ngurus ke kedutaan.

  Yang gerilya, kaya'nya lebih penting. Teman-teman yang sudah berada di 'garis
depan'  aktif bikin 'mafia Indonesia', berbagi informasi mengenai
peluang-peluang baru sambil tentunya menunjukkan prestasi dan reputasi yang
baik. Hasil perjuangan para pembuka jalan ini cukup terasa. Setelah Malaysia,
TimTeng mulai bisa kita duduki (Cukup membanggakan mendengar bahwa pay-scale
G-G Indonesia di Aramco sekarang disetarakan dengan British Nationals, diatas
rata-rata warga asia lain). Saya yakin dalam waktu tidak lama, sub-sahara
Afrika (Angola-Nigeria), Eropa (Repsol sudah merekrut langsung beberapa teman),
former Sovyet Union (Kazakhstan etc) dan region-region lain juga bakal kita
invasi.

  .....Tapi kalau semua jadi legiun asing, yang ngurus 'hutan tanah dan segala
isinya' siapa...?

  Cheers
  O'

Rovicky Dwi Putrohari  wrote:
  On 12/21/06, Minarwan (Min) wrote:
> Hihihi...ada temen yang barusan menolak tawaran interview YYYYY di
> XXXMas. Diberi tiket gratis sama akomodasi gratis saja dia enggak
> mau. Alasannya sibuk sama kerjaan di kantor. :)
> Dulu aku ditolak 2 kali sama YYYYY, sekarang mereka mau cari
> Exploration Geologist enggak dapet-dapet. Betapa jaman sudah berubah
> yah.
>
> min

Aku punya impian, Min

Saat ini Indonesia terkenal pengekspor pembantu dengan TKI
Kalau Nepal terkenal pengekspor tentara dan security dengan gurkhanya
India pengekespor IT operator-engineer
Pilipina dikenal pengekspor sales girl (penjaga toko)

gimana ya kalau Indonesia "dijadikan pengeskpor geoscientist !"
Paling tdak di kawasan SEAsia atau bahkan Asia selatan (Asia minus
china), Indonesia merupakan penghasil geoscientist. Aku rasa Indonesia
bisa menjadi tempat "Kawah candra dimuka" yang bagus, dengan kondisi
geologi yang unik dan dinamik. Tidak hanya "Kawah Siring" saja kan ?

piye ya kalau dipromosikan gitu saja sekalian ?

http://rovicky.wordpress.com/