Ya mungkin bisa dicoba ngebor dihalaman depan rumah, mudah2an bisa
mendapatkan air bersih , jernih & hygienis.
Kalau airnya masih tetap berwarna kekuningan & sedikit berbuih, saya gak
tahu persisnya ada kandungannya apa (semacem koloid2), tapi kalau mau tahu
lebih jauh, bisa diambil contoh air & dimasukkan kedalam botol bekas aqua,
yang bersih & dibawa ke lab air bersih (seperti waktu saya masih bekerja di
Mobil Oil dulu, kalau kantornya punya clinic keluarga, mungkin bisa minta
tolong untuk dianalisa simple aja, apa cukup sehat air tsb untuk
dimasak/minum?, pasti orang lab udah tahu analisa apa yang bisa dilakukan
terhadap contoh air tsb).  Atau kalau tidak ya dibawa ke lab-nya PAM
setempat, mereka pasti punya peralatan cukup canggih untuk analisa air tsb
apakah sehat/layak untuk dimasak/minum, dan tentu saja dengan membayar
beberapa ribu rupiah perbotol samplenya.

Kalau masih tetap sama air sumur didepan, ya terpaksa harus memakai
water-filter lah, tapi pemakaian inipun juga ada baiknya, jadi kalau punya
dispenser, tidak perlu berlangganan re-fill aqua botol besar / 1 galonan
lagi, cukup dari filter tadi langsung masuk ke dispenser bisa langsung
dimasak/minum untuk keperluan harian.

wass,