Ngomong-ngomong bor air tanah dalam;

- berapa ya kisaran ongkos kerja ngebor sumur air hingga kedalaman 30
meteran sekarang di Jabotabek? Kalau bisa termasuk harga jetpump
kualitas cukup baiknya.

- berapa dalam sebaiknya casing dipasang untuk design jet pump 30 meter?

- apakah hanya kadar besi&Mn saja yg harus dipertimbangkan sebelum
memasang filter? Berapa ambang kadar besi&Mn yang masih aman untuk
pemakaian filter ini?

- di kompleks saya (Unilever Rempoa, Ciputat) ada fenomena lucu yang
sampai sekarang saya belum dapat jawaban ilmiah yang pas di hati, yaitu:
di saat musim kemarau lalu banyak sumur tetangga kekeringan - terutama
yang dalamnya hanya 12-15 meteran.  Nah, ada beberapa rumah yang
kedalaman 12-15 meter itu ok ok saja selama kemarau - tetapi malah
mendadak kering saat mulai hujan deras pertama hingga ketiga awal
penghujan...selanjutnya ok lagi tp ada bbrp yang terus mati sumurnya.
Ngobrol dengan tukang bor, "ah ini mah biasa Pak, kalau huja mulai
pertama biasanya sumur2 pada kering dulu tuh", saya tanya balik "kenapa
Pak?". Jawabnya: "Ah, emang gitu aja Pak...(sambil ngrokok santai)...kan
saya udah pengalaman".

Salam dan terima kasih,
Kuntadi

>  Regional Evaluation Team          Tangguh Exploration & Appraisal
>  bp                                                           Phone:
+62-21-78548184