From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, February 09, 2007 8:42 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: FW: [iagi-net-l] Pengguna GIS (Geographic Information
System)

Usulan Mas Bambang Murti cukup siip !!!
Sebenarnya banyak data-data yg bisa "dibuka" karena memang sudah
secara official terbuka.

META DATA atau informasi tentang data semestinya bukan hal yang
rahasia (negara), tetapi memang "proprietary". Misalnya data lokasi
seismic line, data dasar sumur misal lokasi sumur, tanggal dibor dsb
(tetapi jelas "bukan log data" looh !)

Block-outline juga bukan rahasia (negara) tetapi masing2 provider
(Petroview, IHS/Probe) mengeluarkan data ini, ini bukan rahasia
(negara) tetapi terlindungi hak cipta atas dasar proprietary.

Yang bisa kita lakukan adalah meminta Migas atau BPMIGAS untuk
"menyediakan" data block outline ini secara "gratis" di donload dalam
shapefile (format data dasar utk GIS).
Ingat setiap pegawai oil company yang mendigitize data block outline
ini akan "cost recovery". Bayangkan kalau 40 perusahaan di Indonesia
memerlukan block outline untuk didigitize berapa "man hours" yang
diboroskan karena semua harus mendigitize data "block outline" ini.
Kalau tersedia gratis di BPMIGAS, maka biaya yg ditanggung sudah jauuh
lebih kecil kan ?

rdp
"block outline = peta PSC boundary)

On 2/9/07, Hendrawan Arief <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Titipan Mas Bambang..
>
> :D

Any

----