Ndak ah, ndak setuju.

Mereka kan scientists, jadi ya bikin paper tentang apa2 yang menurut
mereka bisa dipublish.  Lagian mereka sudah terbiasa dengan menulis.
Bangsa kita kan tidak punya budaya menulis dan membaca, punya hick ups
dalam menulis, karena education di sini memang tidak menekankan manusia2
untuk bisa membuat paper scientific kalau dibandingkan dengan orang2
barat.

Kalau dibilang NATO juga ndak ah, kita melakukan sesuatu kok di
Sidoardjo maupun gempa2 yang lainnya.  Buktinya kita punya tim ahli dari
IAGI yang mengurus soal Sidoardjo.  Mas Andang juga mensosialisasikan
lewat media, Mas Danny juga mensosialisasikan mengenai Tsunami dan gempa
kepada masyarakan, belum lagi Mas Rovicky dengan blognya, yang
mengedukasi orang2 awam mengenai hal ini.  Blog itu sebuah media yang
ampuh untuk reaching people lho Pak, di abad ini.

Tentu orang2 asing punya kepentingan yang beda dengan kita.  Apalagi
orang2 yang jadi korban, ya anglenya juga beda dengan pengamat.  Kalo
kita mengamati sesuatu untuk kepentingan bangsa, mereka mengamati
sesuatu untuk kepentingan science semata.

Kenapa sih kita selalu bilang kita kalah sama bule'...daripada complain,
kenapa tidak mulai dari diri sendiri dengan publikasi sesuatu?  Ndak
usah yang sekelas GSA-lah kalo masih minder dengan bahasa Inggris,  ke
bulletin IAGI aja, atau buat blog seperti Mas Rovicky?

Parvita H. Siregar
Salamander Energy
Jakarta-Indonesia

Disclaimer:  This email (including any attachments to it) is
confidential and is sent for the personal attention of the intended
recipient only and may contain information that is privileded,
confidential or exempt from disclosure.  If you have received this email
in error, please advise us immediately and delete it.  You are notified
that using, disclosing, copying, distributing or taking any action in
reliance on the contents of this information is strictly prohibited.