From: Awang Harun Satyana <[EMAIL PROTECTED]>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Thursday, 22 February, 2007 11:24:34 AM
Subject: RE: [iagi-net-l] Delta East Kalimantan

>Clay & Ferguson juga menyatakan adanya basin inversion di East Kal
akibat >NW Borneo-Palawan collision di Mid Miocene

Collision besar mikro-kontinen di sirkum Kalimantan memang
bertanggung-jawab untuk terangkatnya tulang punggung Kalimantan
(Pegunungan Schwaner-Muller-Iran-Crocker). Itu terjadi terutama oleh
mikro-kontinen2 di sebelah timur South China Sea (seperti Luconia,
Dangerous Ground), yang menubruk NW Kalimantan akibat pemekaran Laut
Cina Selatan ini saat Paleogen. Tubrukan terjadi dan terhentilah
pemekaran. Beberapa tubrukan di NE Kalimantan masih terjadi (seperti
North Palawan) karena laut Sulawesi masih mekar selepas Paleogen sebagai
bagian dari marginal sea spreading di SW Pacific.

Tetapi, apakah benar collision NW Borneo (mungkin lebih tepat NE
Borneo-Palawan) menyebabkan inversi di East Kalimantan (khususnya Kutei
Basin) ? Saya meragukan bahwa propagasi gaya tektonik di utara
Kalimantan itu akan berpengaruh ke inversi di East Kalimantan. Pertama,
vektor propagasi gaya ini tidak sesuai dengan trend struktur2 inversi di
East Kalimantan. Paling tidak, collision ini bisa berhubungan dengan
pembentukan trend struktur di tinggian2 Tarakan-Bunyu-Nunukan-Sebatik
yang membentuk semacam antiklinorium dari selatan ke utara dengan arah
trend WNW-ESE. Trend struktur inversi East Kalimantan (Kutei khususnya)
yang hampir U-S sulit dikaitkan ke collision Palawan-NE Kalimantan.
Kedua, ada barier struktur besar yang stabil yang bisa menghentikan
propagasi benturan Palawan-NE Kalimantan berjalan lebih jauh ke selatan,
yaitu mikro-kontinen Kelabit-Longbowan dan mikrokontinen Mangkalihat.
Dua mikrokontinen ini terdapat di utara Kutei.

Inversi di East Kalimantan sejak dulu telah menimbulkan perdebatan.
Banyak mekanisme struktur/tektonik telah ditampilkan. Ken McClay pun
saya amati beberapa kali mengubah pendapatnya. Pernah ada yang memuaskan
seperti gliding tectonics yang pernah dikemukakan oleh van Bemmelen
(1949), Rose dan Hartono (1976) dan Hank Ott (1987), yang lalu
dimodifikasi oleh teman2 di Lasmo (John Chambers) dan SEARG. Ada yang
pernah membahasnya dengan teori couple strike-slip faults (Mangkalihat
dan Adang) juga diapirisme (Biantoro et al. 1991, 1992). Ada juga yang
membahasnya dengan collision mikro-kontinen di Sulawesi Timur (a.l. van
de Weerd dan Armin, 1992).

Apa dong asal muasal inversi tersebut sebenarnya. Penelitian terbaru
sejak tahun 2000 dari kawan2 Unocal dulu menunjukkan bahwa East
Kalimantan banyak disilangi oleh sesar2 mendatar (gravity data) dan
berhubungan dengan Sulawesi Barat menyeberangi Selat Makassar. Beberapa
struktur-nya pernah dipublikasi di IPA oleh Baillie et al. Bisa saja
inversi di East Kalimantan dibawa oleh propagasi gaya collision dari
Sulawesi Timur melalui banyak sesar mendatar yang melintasi Selat
Makassar, dan berhubungan dengan gliding tectonics dari massa-massa
terangkat di sebelah barat Kutei (mis Kuching High). Struktur2
positifnya bisa timbul dengan sendirinya di dalam sistem delta (seperti
toe-thrusting) karena deltaic sedimentation sering syn-tectonic.

Salam,
awang