SURAT TERBUKA KEPADA KETUA UMUM IAGI (3-habis)

Saya berpendapat bahwa untuk menguak kebenaran penyebab semburan lumpur Sidoarjo ini tidak dapat diselesaikan dengan suatu workshop dengan menghasilkan suatu kesepakatan pendapat atau kompromi sebagaimana dilakukan dalam masalah sosial politik. Kontroversi akan berjalan terus, dan ini adalah biasa saja dalam geosciences, bahkan kadang-kadang menyangkut hal-hal yang prinsipiil (simak buku: "Controversies in Modern Geology" eds: D.W. Mueller et al, 1991, Academic Press). Adakalanya suatu masalah dapat diselesaikan secara tuntas, tetapi memakan waktu bertahun-tahun dengan biaya yang sangat besar. Contohnya saja untuk menentukan apakah tsunami di Samudra Hindia yang dipicu oleh gempa Aceh itu disebabkan longsor bawah laut atau karena terjadinya sesar yang aktif itu memakan waktu lebih dari 2 tahun dengan mengerahkan suatu kapal penelitian (research vessel) berbulan-bulan di daerah perairan laut sebelah barat Aceh dan melibatkan puluhan geoscientists dan engineers, dan tentu memakan biaya puluhan juta USD. Dari situ diketahui 'the smoking gun' berupa adanya gawir sepanjang puluhan kilometer yang naik pada waktu yang sangat resen. Ini adalah murni demi science karena tidak mempunyai dampak apapun pada masyarakat. Apakah kita dapat mengumpulkan dana sebesar itu?

Untuk menentukan 'the smoking gun' dalam masalah LUSI dan sekali gus menghentikan semburan mungkin satu-satunya adalah dengan melakukan pemboran relief well yang langsung ditujukan kepada lubang bor pas di atas top Kujung atau gejala apapun yang telah menyebabkan loss & kick, dengan hypothesa kerja bahwa penyebab semburan lumpur itu adalah air dari Kujung atau reservoir apapun. Mengenai kemampuan teknik pemboran untuk melakukan itu dan mampu mem-pint-point' tepat pada lubang bor di kedalaman 9000 kaki dan dari jarak mungkin lebih dari 500 m (di luar daerah amblasan) saya tidak akan berkomentar karena itu merupakan kompentensi dari pakar teknik pemboran. Kalau usaha ini berhasil menyetop semburan lumpur, maka hipotesa kerja terbukti dan 'the smoking gun' diketemukan, namun jika tidak berhasil menghentikan, kontroversi tidak akan berakhir, karena orang bisa berargumentasi bahwa kekhilafan operasi pemboran hanya penyebab permulaan (initial cause) dari semburan lumpur dan selanjutkan memicu rekahan pada Formasi Kunjung sehingga menjadi liar. Untuk pembuktian hipotesa ini dengan relief well akan memakan biaya USD 50 juta. Mungkin instansi/ masyarakat ilmiah di luar negeri mau dan dapat menggalang dana sebesar itu untuk membuktikan suatu hipotesa sebagai mana dilakukan pada masalah penyebab tsunami di Aceh?

Yang menyedihkan lagi adalah bahwa kemungkinan terjadinya perbedaan pendapat antara para anggota IAGI yang tidak lagi didasarkan atas kaidah-kaidah ilmiah, tetapi didasarkan pada kepentingan-kepentingan nongeologi. Bahwasanya seorang geologiawan akan memihak suatu pendapat yang dipengaruhi oleh lingkungan kerjanya itu adalah wajar saja dan bersifat manusiawi, tetapi jika lingkungan kerjanya itu sudah mempunyai kepentingan pendanaan, bisnis bahkan politik inilah yang sangat memprihatikan saya. Dalam renungan balik (hindsight) mungkin sebaiknya IAGI tidak melibatkan diri dalam suatu geological controversy kalau hal ini akan melibatkan kepenting-kepentingan tertentu. Tentu ini tidak sejalan dengan gagasan mantan Ketua Umum IAGI, Dr. Andang Bachtiar, yang ingin membumikan geologi untuk turut berperan-serta memecahkan persoalan aktual yang terjadi di masyarakat. Soal membumikan geologi adalah pandangan yang sangat baik, selama ini tidak menimbulkan konflik dengan kepentingan-kepentingan nongeologi. Biarlah konflik politik dan bisnis diselesaikan di pengadilan, walaupun menyangkut pendapat ilmiah/geologi.

IAGI pernah mempunyai masalah pelik di masa lalu, hanya 3 tahun setelah didirikan terjadi pergolakan kepentingan-kepentingan politik. Dengan sangat bijaksana Bp,. Soetaryo Sigit, salah seorang pendiri dari IAGI, segera menidurkan IAGI sampai tahun 1972, pada waktu mana saya ditugaskan untuk membangkitkannya lagi dan diberi kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban jabatan Ketua dari tahun 1973 sampai tahun 1975. Dalam perjalanan sampai di abad ke 21 ini IAGI memang sudah berkembang sangat pesatnya dan mau tidak mau harus terlibat dalam pendanaan, fasilitas dan bahkan bisnis, serta juga melibatkan diri untuk kepentingan nasional. Mungkin saja pemikiran saya ini sudah usang dan ketinggalan zaman, namun demikian saya tetap prihatin dengan perkembangan dewasa ini.

Sdr. Ketua yang Terhormat.

Sekali lagi dengan sangat berat dan menyesal sedalam-dalamnya saya melayangkan surat terbuka ini. Terus-terang saja saya telah merenung dan tidak dapat nyenyak tidur hampir satu minggu sebelum mengambil keputusan ini. Namun akhirnya saya merasa terpanggil untuk melakukan hal ini demi IAGI dan telah mempertimbangan konsekwensi apapun yang saya harus hadapi, sehingga saya dapat tidur nyenyak kembali. Jika surat terbuka ini tidak berkenan di hati Sdr., maka kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalam, Bandung, 25 Februari 2007

R.P.Koesoemadinata

Mantan Ketua IAGI 1973-1975

Anggota IAGI no. 0021