Wah aku pikir dilepas gelundungan gitu saja, je. Kalau lihat dari
grafis yg dibuat dan tersebar dimilist IA-ITB sepertinya diharapkan
bola-bola ini nglumpuk dibawah sehingga menambah "flowpath" atau
mengurangi permeabilitas "pipa" corong semburan.

Trus gimana nanti nglepasin atau mutusin kabel ini, ya ? Kalau jumlah
bolanya saja lebih dari 3000 wah kabelnya bisa kayak mie dibawah sana
:) ... tapi kan idenya menambah "flow path" sehingga mengurangi debit
aliran ya ga papa juga sih.

kalau dari perhitungan yang dilakukan R Irawan
Komentar baru pada tulisan #1626 "Bola-bola itu menyerap energi"
Penulis: RIrawan

Komentar:
Dari hitungan yang saya kutak-katik dengan harapan dapat menemui
angka-angka pendukung suksesnya "Tabung Filter HDCB", ada hal-hal yang
harus saya kemukakan.

Berat HDCB 375 untai @ 225 Kg/untai:  ΣW  =  827436 N.
Tabung Filter HDCB 130 m dengan Q = 58.392 m3/hari; maka:
Gaya Dorong Lumpur: ΣF  =  A . Δp  =  ¼ . л . d²  x  ½ . λ' . L . ρ .
ul1² / (Ψ² . d')  =  1214270 N.
ΣF  lebih besar 146,75% dibandingkan ΣW , maka:
HDCB tidak akan pernah berhasil duduk tenang secara bersama dalam
Tabung Filter HDCB sepanjang 130 m guna meredam arus lumpur, melainkan
ke 375 untai HDCB akan tertendang keatas melayang-layang dan saling
terpisah sejauh 600 - 900 m.
HDCB punya sedikit peluang berhasil, jika Rapat-Jenisnya 2x sekarang,
sehingga beratnya 2 x 225 Kg/untai  =  450 Kg/untai

Tabung Filter HDCB setinggi 130 m, menuntut 1 syarat utama, yakni:
dinding lubangnya sangat kuat, semacam granit yang tahan erosi,
sehingga diameter lubang Ø 30 inches (d = 0,762 m) itu stabil dan
tidak berubah.

Karena  Q'  =   A . ul . [H / {H – L + λ' . L . d / (λ . Ψ² . d')}]^½ , maka:

jika diameter lubang itu lain, misalnya:
d  =  2 m   →   Q' = 112.834 m³/hari  (berkurang 25%)
d  =  3 m   →   Q' = 130.125 m³/hari  (berkurang 13%)
d  =  5 m   →   Q' = 141.849 m³/hari  (berkurang 4.4%)

Itupun dengan suatu pengandaian besar, bahwa sumber energi di
kedalaman 3000 m itu adalah sekedar tekanan statis yang tetap dan
tidak bakal berubah dalam keadaan apapun, termasuk disumbat sekalipun,
Sesuatu yang mustahil, melihat besarnya debit lumpur disertai uap
dengan panas yang tinggi dan kandungan gas H2S yang besar.