Rekan2 Iagi,

Mohon pencerahan mengenai logging acquicition yg tepat bisa di lakukan di
kondisi Under Balance Drilling.
Dari beberapa article yg saya baca, UBD akan tergantung sekali dengan besar
lubang bor, biasanya memilih lubang bor yg kecil utk faktor safety. Bisa itu
6 3/4, 5 7/8 atau 4 3/4. Untuk itu, banyak diameter tool2 logging yg tidak
bisa masuk dengan ukuran kecil.

Sedikit menggambarkan case yg saya punya, planning akan UBD dengan tight
formation below 3% porosity (Quartzite formation) yang tebalnya 300 m.
Dengan porosity yg sangat rendah seperti ini, dibutuhkan secodary porosity
yg akan dicoba dengan fracturing reservoir. Sementara utk tahu zona
fracturation sangat ideal dengan imagery logs..

Apakah ada LWD tool yg bisa detil melihat fracture coridor ? Kalo wireline
setahu saya bisa imagery resistivity resistivity (FMI / OBMI) atau sonic
(UBI).

Apakah bisa sharing pengalaman rekan2 UBD dengan coil tubing ? Bagaimana
princip tekniknya?

Terima kasih sebelumnya, mohon maaf atas email ini.

Sandrya Laksana
Geologist RepsolYPF - Algeria

Kirim email ke