Terima kasih sebelumnya Pak Agus, Pak Shofi dan Pak Gde serta rekan2 yg
lainnya atas masukannya.

Mungkin perlu sedikit saya jelaskan masalahnya.
Target formation adalah Quartzite reservoirs yg berumur ordovician.
Formasi ini telah mengalami kurang lebih 5 kali periode structure. Mudah
terlihat oleh 3D seismic main faults (in general thrust faults) dan trend
natural fracture (kata: pak Gde) dibantu dengan software Fraca. Porosity
sangat rendah sekali: 3%. Oleh sebab itu kita menginginkan utk mem-bor sumur
yg kurang lebih mendekati fracture network. Paling tidak kalau pun dari
natural fracture tak mengalir, akan dilakukan fracturation setelah itu.
Satu sumur berhasil dibor pas didekat fracture network dan hasilnya cukup
bagus. Namun karena lemahnya kontrol BOP (kata: pak shofi), blow out lah yg
terjadi.

Untuk menghindari problem yg telah terjadi dan konon dengan UBD bisa
membantu mengurangi biaya pengeboran, mengurangi Skin well bore,
meningkatkan produksi dengan meminimumkan formaiton damange, untuk itu akan
dicoba pilot wells UBD.

Dari quartzite formation yg tebalnya kurang lebih 300m, kita tak bisa
menentukan dimana letak jelasnya bagian yg paling fracture atau berapa
persenkah dia. Harus dilakukan dulu fracture model (dari logs imagery +
analog field + seismic). Paling tidak apabila satu sumur berhasil di lakukan
interpretasi fracture dari log, akan dianalogikan ke sumur lain dimana kira2
yg berpotensial.

Yang diharapkan adalah: disamping engineering data terpenuhi (reducing skin,
improvement productivity) juga geological informasinya dari model fracture
bisa kita buat.

Dari masukan semua rekan2, bisa saya simpulkan bahwa resolusi imagery logs
akan lebih akurat dengn wireline (sulit utk kondisi kita). Alternatif lain
adalah dengan LWD tetapi tentu tidak akan sangat akurat.

Apakah ada dari rekan2 yg tahu success ratio nya: EcoScope dari Schlumberger
?

sandrya

Pada tanggal 28/03/07, [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>