Terima kasih Leo atas`info-nya.

Naaah ini biang keroknya
!!!!
Saya kurang sependapat bahwa makalah yang dipresentasikan lebih
"bermutu" dibandingkan dengan poster.
Karena dalam poster
session , pembawa makalah  harus mempunyai penguasaan yang lebih
komplit dibandingkan dengan pembawa makalah dalam oral.
Sebab dalam
poster , diskusi bisa berkepanjangan , sedangkan dalam oral presentation ,
biasanya penan ya terbatas`waktunya.

Jadi , sebaiknya nilai
kredit-nya diberikan sama .

Si Abah.

   Pak Abah,

> Untuk mengurus kum dari presentasi ilmiah, dosen harus melampirkan
cover
> prosiding, daftar isi, dan juga cetakan (kopian) dari
paper. Karena zaman
> dulu biasanya poster tidak dimasukkan dalam
prosiding, maka para dosen
> enggan
> membuat poster.
>

> Selain itu, untuk makalah
presentasi, dosen bisa dapat nilai ganda,
> pertama
> dari
papernya sendiri dan kedua dari presentasinya. Beda dengan poster
> yang
> hanya punya nilai untuk paper saja. Jadi memang
lebih enak makalah