Kuntadi,

Biogenic gas tak perlu TOC tinggi pada source rocks-nya, 1 % pun oke
(Katz, 2002). Kalau TOC 2-4 % sih itu bukan low lagi, tetapi sudah
good-excellent (Waples, 1985). Primary source beds untuk Terang-Sirasun
biogenic gas adalah claystones, karbonat dan fine-grained lithologies
lainnya yang merupakan interbeds di dalam reservoir section. TOC levels
di source beds ini hanyalah sekitar 1 % (Basden et al., 1999).

Justru biogenic gas formation memerlukan rapid sedimentation rate, maka
jalur2 biogenic gas banyak ditemukan di jalur2 sedimentasi cepat
misalnya Kendeng-Madura Strait, atau foredeep Sorong, termasuk juga
foredeep Bintuni di sebelah barat Lengguru. Sedimentation rate yang
terlalu lamban akan men-dilute-karbonnya yang rendah itu (1 %). Syarat
lain adalah bahwa lingkungannya harus anoxic atau minimal sub-oxic,
syarat2 itu ada di Kendeng Deep-Madura Strait sebab ke utara ia
terhalang RMKS, ke selatan ia terhalang volcanic arc Jawa dan Kendeng
fold-thrust belt, ke barat ia berangsur menjadi terestrial, dan ke timur
membuka ke Lombok - ini lingkungan suboxic. Juga GG-nya harus rendah
(<2.0 deg F/100 ft)

Juga, lingkungan pembentukan gas biogenik bisa di terestrial seperti
Kepodang atau marin seperti di Maleo dan Terang-Sirasun. Hanya isotop
deuterium yang bisa membedakan dua lingkungan ini. Kita bandingkan
antara biogenic gas di Terang-Sirasun dan Wonolelo seeps di wilayah
Cepu. Premisnya berdasarkan paleogeografi umur Pliosen-Plistosen adalah
bahwa Terang-Sirasun harus lebih marin dibandingkan Wonolelo, dan itu
ditunjukkan oleh isotop deuterium yang sangat kontras antar keduanya :
Terang-Sirasun -198 per mil, dan Wonolelo -320 %. Berdasarkan data itu,
Terang Sirasun gas dibentuk berhubungan dengan carbonate reduction,
sedangkan Wonolelo seeps (juga tipe Kepodang) dari methyl fermentation
(Satyana & Purwaningsih, 2002, 2003).

Salam,
awang