mustinya program pengabdian masyarakat dari lembaga2 penelitian terkemuka di
Indonesia lebih menyentuh ke akar rumput ya Ris? spt di China yg konon sosialis
komunis tetapi malah bisa implementasikan hal ini.
kalau permasalahannya ke dana, sebenarnya ini masalah pengalokasian sekian
persen lah dari total project gas hydrate palung Sunda dipakai untuk
mengembangkan dana pembangkit listrik biogas di pesisir Jawa Barat dan selatan
Lampung....misalnya aja ini sih.

kemarin, untuk ke sekian kalinya saya membaca kisah seorang ahli Sosek
Pertanian IPB (ibu ibu) yg telah menyumbangkan daya pikirnya untuk membuat
turbin tenaga air di pedesaan.  dulu pernah ada juga yang mengembangkan tungku
pembakaran sampah mini di Jawa Tengah datang dari kalangan penduduk biasa yg
belajar dari membaca, dimana alat tungku nya ini bisa mengatasi limbah sampah
dari beberapa desa. belum lagi yang mengutak atik kompor minyak tanah
menggunakan campuran air utk mengatasi makin langka dan mahalnya minyak tanah.

pertanyaan lainnya, kemanakah briket batubara yang dulu pernah ramai.  juga apa
kabar bus kota BBG yg jumlahnya di DKI semakin menyusut - tp alhamdulillah
masih ada busway, taksi dan bajaj BBG...mudah2an gak musiman bahkan semakin
banyak.

tetapi saya sih berprasangka baik bahwa sebenarnya semangat kesini ada tapi
mungkin "publikasi" nya yang kalah.....krn kan biasa kalau sebuah lembaga
penelitian membuat penemuan-2 hebat.  nah baru berita kalau yang menemukan
sesuatu adalah seorang guru SD atau orang biasa......wallahu'alam.