Menyambung email ini, sebelum menjawab pertanyaan Pak Iwan kami ingin
memberikan tanggapan atas email dari Pak Sukanto dan Pak Awang.

1. Pak Sukanto Yth, yang mendasari kenapa biogenic ini umumnya dipenuhi
syarat terbentuknya pada saat trangresi adalah pertimbangan pembentukan
batuan tudung seketika pada saat biogenic gas mulai terbentuk.  Sulit
rasanya (walaupun tetap mungkin sih) membayangkan pengendapan batuan
tudung yang bagus bila pada kondisi regresif, terutama lowstand dan
kecuali pada beberapa kondisi pada highstand progradation.  Untuk Parigi
di lepas pantai Jawa Barat, sebenarnya kalau kita melihat data corenya
mereka menunjukkan adanya cycles transgresi yg ditandai adanya
kemenerusan lapisan shale di dalam tubuh batugamping itu walaupun secara
overall benar kata Pak Sukanto bahwa pembentukan karbonat reef lebih
kepada regresi ketimbang transgresi.  Tetapi jangan lupa juga bahwa
walaupun terbentuk di saat regresi (pendangkalan), tetapi pembentukan
karbonat adalah akibat dari sedikitnya influx sediment klastika ke
daerah tersebut shg memungkinkan lingkungan yang bersih untuk reef
berkembang baik - implikasi dari ini maka diendapkanlah material sangat
halus menyisipi atau menutupi tubuh2 reef selama pertumbuhannya.  Dan,
terhentinya pertumbuhan reef umumnya disebabkan oleh drawning
(=transgresi), atau supply klastika kasar yg membuat kotor lingkungan
pengendapannya. Yang terakhir ini, saya kurang yakin bisa dijumpai
biogenic accumulation di dalam reef tersebut karena tidak adanya batuan
tudung diatasnya.

2. Mengenai TOC betul sekali mas Awang, terima kasih atas koreksinya.
Mengenai rapid sedimentation rate di sini mungkin sering kita artikan
dengan hanya melihat dari banyaknya klastika kasar yang terlibat.
Padahal rapid sedimentation rate bisa terjadi juga pada keadaan dimana
sediment supply yang besar masih < dibandingkan dengan penambahan
accomodation space, yaitu umumnya terjadi pada area passive margin yang
kemudian sering kita temui merupakan overall transgressive sequence.

3. Pertanyaan Pak Iwan mengenai depositional environment tentu sangat
bervariasi Pak. Menurut hemat saya pembentukan batuan tudung yang segera
dibarengi dengan early trap generation (tectonic event) lah yang lebih
mengontrol bisa tidaknya terjadi akumulasi biogenik yang cukup
signifikan. Untuk lebih to the pointnya, ya tentunya daerah paralik -
shallow marine yang lebih memungkinkan untuk terbentukanya kondisi ini.

Salam,
Kuntadi