Mas

kalau  airnya memang berasal dari reservoir tersebut  bisa diketahui dengan
membandingkan perforasi interval dan hasil perforasi intial (gwr atau
owrnya) selama awal produksi.
Misalnya kalau perforasi intervalnya jauh dari kontak / transisi zone tapi
perforasi awal menghasilkan jumlah air yang signifikan dibandingkan
gas/oilnya (gwr /owr rendah) , berarti di reservoir tersebut memang banyak
air bergeraknya.
Hal ini bisa diperkirakan dari log analysis, petrophysic dan data produksi
dari sumur sekitarnya sebelum melakukan rencana untuk pemboran horisontal.

kalau airnya berasal dari water rise biasanya membutuhkan waktu yang lebih
lama ( berhubungan dengan permeability vertikal dan kekuatan akuifernya),
dan bisa dilakukan dengan pengukuran rst, chfrt untuk mengukur besarnya
water rise tersebut berdasarkan waktu.

mungkin membantu ?