Sebenarnya bukan cut budget untuk training, Wan, tapi ngga ada tenaga di
kantor yang bisa mentoring orang2 yang belum ada pengalaman, terutama
kumpeni2 yang ukurannya medium dan kecil.  Kalau kumpeni yang besar2
seperti ConocoPhillips, BP, dll, biasanya mentoring termasuk dalam
kriteria dalam performance appraisal mereka dan juga mereka punya
program training yang sudah berjalan baik.

Kumpeni2 baru yang menjamur di Indonesia sekarang ini kan dapat jumlah
G&G yang pengalamannya di atas 10 tahun aja musti bajak sana bajak sini,
kemudian mereka mustii ngerjain kerjaan dari A-Z.  Waktu untuk mentoring
kurang, apalagi untuk fresh grads.  Makanya mungkin sebenarnya orang2nya
ada, tetapi kalau musti dari awal membimbing orang2 yang pengalamannya
baru 1-3 tahun, ya companies musti mikir apakah ada waktu untuk mementor
mereka2 itu?

Parvita H. Siregar
Salamander Energy
Jakarta-Indonesia

Disclaimer:  This email (including any attachments to it) is
confidential and is sent for the personal attention of the intended
recipient only and may contain information that is privileded,
confidential or exempt from disclosure.  If you have received this email
in error, please advise us immediately and delete it.  You are notified
that using, disclosing, copying, distributing or taking any action in
reliance on the contents of this information is strictly prohibited.