Pak Awang,

Gas CO2 itu bisa dimanfaatkan untuk apa pak?
Terimakasih pak.

Salam

Bayu

On 7/11/07, Awang Harun Satyana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Nila,

Paper saya dan kawan2 (Satyana et al., 2007- IPA) : Gas Geochemistry of
Indonesia, ada bahasan tentang lapangan2 dengan kandungan CO2 tinggi (di
Jawa Barat dan Jawa Timur), juga Satyana and Purwaningsih (2003 - IPA) :
Regional Geochemistry of East Java - membahas cukup detail lapangan2 di
jawa Timur dengan CO2 tinggi. Juga, dari Cooper et al (1997 - IPA : CO2
in Western Indonesia - di situ ada pembahasan cukup detail untuk Jawa
Barat). Kalau diperlukan, saya bisa kirim pdf ketiga paper tersebut.

Secara umum, berdasarkan parameter isotop C-13 dan 3He/4He (helium),
asal CO2 di Jawa Barat berkaitan dengan thermal decomposition of
Baturaja carbonates yang berkombinasi dengan volcanic degassing;
sedangkan di Jawa Timur banyaknya berhubungan dengan thermal
decomposition of Kujung carbonates. Di offshore Muria bisa berhubungan
dengan volcanic degassing, tetapi kita tak punya data isotop helium
untuk membuktikannya.

Sekitar tiga tahun lalu, saya pernah berdiskusi dengan sebuah perusahaan
dari Vietnam yang hendak memanfaatkan gas CO2 tinggi di East Cepu High,
tetapi sampai kini tak terdengar lagi beritanya.

Salam,
awang