Awang

Kalau yang di Pamanukan , kan
daribt psr TAF , menurut Anda , source - nya CO2 asalnya dari mana ?

si Abah

   Nila,

> Paper saya dan kawan2
(Satyana et al., 2007- IPA) : Gas Geochemistry of
> Indonesia,
ada bahasan tentang lapangan2 dengan kandungan CO2 tinggi (di

Jawa Barat dan Jawa Timur), juga Satyana and Purwaningsih (2003 - IPA) :

> Regional Geochemistry of East Java - membahas cukup detail
lapangan2 di
> jawa Timur dengan CO2 tinggi. Juga, dari Cooper et
al (1997 - IPA : CO2
> in Western Indonesia - di situ ada
pembahasan cukup detail untuk Jawa
> Barat). Kalau diperlukan,
saya bisa kirim pdf ketiga paper tersebut.

> Secara
umum, berdasarkan parameter isotop C-13 dan 3He/4He (helium),

asal CO2 di Jawa Barat berkaitan dengan thermal decomposition of
> Baturaja carbonates yang berkombinasi dengan volcanic degassing;

> sedangkan di Jawa Timur banyaknya berhubungan dengan thermal

> decomposition of Kujung carbonates. Di offshore Muria bisa
berhubungan
> dengan volcanic degassing, tetapi kita tak punya
data isotop helium
> untuk membuktikannya.

Sekitar tiga tahun lalu, saya pernah berdiskusi dengan sebuah perusahaan

> dari Vietnam yang hendak memanfaatkan gas CO2 tinggi di East
Cepu High,