Setahu saya, baik untuk "konsumsi" luar negeri atau pun dalam negeri, press
release harus seijin BKKA/BPPKA/BPMIGAS.
Draft dibikin oleh operator, dibawa ke BKKA/BPPKA/BPMIGAS, diskusi teknis
dengan Divisi Explorasi, setelah secara teknis disetujui baru minta lagi
persetujuan dari Humas BKKA/BPPKA/BPMIGAS, setek Humas setuju barulah
operator memberitahu holding atau partner untu "boleh" mengumumkan press
release; dan press release yang diumumkan harus yang sudah disetujui oleh
BKKA/BPPKA/BPMIGAS (makanya biasanya dibuat 2 versi bahasa Ingrris dan
Indonesia).
Karena setahu saya, pemilik lahan itu adalah negara / BPMIGAS, KPS itu
hanyalah "panyawah" (penyangkul), yang tentunya setiap panen atau gagal
panen harus lapor dulu ke yang punya baru dilaporkan ke lainnya.

fwhk