Pertamina itu NOC (National Olil Corporation) bukan IOC (International
Oil Corp) sehingga harus menjadi bagian terpenting dalam ketahanan
(energi) nasional.

Sepertinya perlu diketahui saat ini bahwa saat ini 50% produksi migas
dunia disuplai oleh NOC, sedangkan jumlah cadangannya 70% dikuasai
NOC. Apa artinya ? Menurutku ini menunjukkan bahwa ada perkembangan
dan perubahan global yang harus diantisipasi dalam transformasi
Pertamina (NOC). NOC saat ini menjadi salah satu bagian penting dalam
ketahanan energi nasional. Masing-masing negara saat ini sudah mulai
berpikir untuk mendapatkan kepastian pasokan energi negaranya sendiri.
Ini memang peperangan antara dunia Industri dahulu yang dikuasi oleh
IOC dan bergeser ke NOC.

Saat ini rasio discovery vs production Indonesia cukup jelek, artinya
menemukan minyak sedikit tetapi disedot habis-habisan (emang habis ya
?). Memang kalau targetnya seperti perusahan IOC akan berpikir hanya
sampai kontrak habis. Tetapi Pertamina tentunya juga perlu Resource
Replacement.  Sustainable menjadi lebih buat Pertamino ketimbang
Chevron (apalagi chevron di Indonesia hanya perusahaan operator),
Chevron di US sana mungkin mikir Resource Replacement juga.

Nah karena R-R di Indonesia ini buruk maka "ketahanan energi"
Indonesia jadi jeblok ! Halllah kesiannya Pertamina kok kebagian
disuruh mikir ketahanan Nasional ya ? Tetapi itulah NOC saat ini.
Pertamina bukanlah IOC, Pertamina itu NOC, miliknya nasional, seperti
Petrobras, Petronas, Iran oil dll.

Saya sih ngga mengharapkan Pertamino menjadi BUMN kayak IOC tetapi
kayak dibawah ini (Saudi Arabian Oil Company (Aramco), National Oil
Corporation Libya, Petroleos Mexicanos, Petroleos de Venezuela, China
National Petroleum (PetroChina), Nigerian National Petroleum Company,
Iraq National Oil Company, Kuwait Petroleum Corporation, Petrobras
(Brazil), Petroleum Development Oman, Petronas (Malaysia), Rosneft
(Russian), Sinopec (China), dll.

Bagaimana Amrik ?
Amrik tidak memiliki NOC. Amrik berbeda dengan negara-negara lain,
walaupun dia memiliki cadangan cukup besar tetapi kebutuhannyapun juga
paling besar (perkapita maupun total negara). Yang dilakukan ngAmrik
dalam jaminan pasokan energi adalah segala cara termasuk diantaranya
diversifikasi, mencari sumber unconventional, juga termasuk aneksasi.
Ini kalau melihat perilaku manusia dalam sejarah menjadi hal yang
wajar walupun belum tentu benar. Analoginya untuk Amrik ...Negara
seolah hanya menyediakan "pesawat tempur dengan kapal induknya",
sedangkan "Tank-tank dan prajurit invantrinya" adalah IOC-IOC yang
cukup kuat dan menggurita.

Jangan menggunakan paradigma IOC untuk Pertamina.
Mengingat bahwa saat ini NOC di dunia ini menjadi penting karena
menguasai 50% oil prodiksi dan 70% oil Reserves di dunia. Maka menurut
saya Pertamina harus menjadi bagian dari ketahanan (energi) nasional
dengan target menyediakan energi didalam negeri Indonesia. Pertamina
harus mampu menguasai reserves-reserves besar di Indonesia,
syukur-syukur bisa ikutan keluar negeri seperti Pteronas dll. Kita
tidak mungkin seperti Amrik dengan memiliki tank dan prajurit untuk
maju. Perusahaan milik nasional kita (seolah tank dan prajurit) cukup
banyak tetapi Indonesia tidak memiliki "pesawat dan kapal induk" yang
mampu mendukung Tank dan prajurit invantrinya ini untuk maju
bertempur.

Sakjane ketahan energi ini tidak hanya migas, termasuk geothermal,
yang sayangnya sependek pengetahuanku, Pak Sukusen yang notabene
mantan orang geothermal sepertinya tidak banyak (kurang) berkiprah
disini. Tentusaja ada kemajuan ini, tetapi apakah sesuai dengan KEN
2005, aku belum lihat lagi.

Sebnernya aku ga peduli dengan Sukusen-nya, bisa jadi beliau malah
naik menjadi dirut ...syapa tahu, kan ? Aku hanya ingin Pertamina itu
menjadi NOC yang kuat. Cara-cara berpikir NOC seringkali berbeda
dengan pemikiran IOC. Kita harus berhati-hati dalam merubah paradigma
Pertamina yang menjadi perusaan profit. Sistem manajemen KPI yang
dipakai di IOC mungkin harus dimodifikasi dengan kebutuhan NOC.
Mungkin pnemuan lapangan besar-besar itu menjadi tidak relevan utk KPI
sebuah IOC, who knows ...

Ngobrol-ngobrol dengan kawan-kawan di Petronas (NOC-nya Malaysia),
ternyata Petronas ini mbalah kekeuh banget. Bahkan kawan-kawan di
Petronas mengatakan dirinya sebgai pegawe negeri ... halllah !

--
http://tempe.wordpress.com/
No one can monopolize the truth !

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod