Abah, Mas Syaiful dan teman lainnya,

Di dunia kenaikan pangkat peneliti/dosen memang ada pembedaan antara oral
dan poster dalam hal angka kreditnya. Untuk makalah ilmiah dalam
prosidings atau disajikan dalam seminar/simposium/pertemuan ilmiah
internasional (oral) maka nilainya 15, sedangkan kalau dalam bentuk poster
nilainya 10. Untuk kaliber nasional kalau oral nilainya 10 dan kalau
poster nilainya 5.

Saya pribadi setuju dengan Anda kalau oral dan poster sudah sepatutnya
disamakan derajatnya, karena (di zaman power point) menyiapkan poster itu
lebih sulit dan lebih mahal daripada menyiapkan presentasi oral. Akan
tetapi "secara harfiah" memang poster masih dianggap kelas dua
dibandingkan oral, karena yang umum terjadi adalah jika ada makalah yang
tidak diterima di oral maka biasanya diposterkan dan (rasanya) belum ada
makalah yang dikirim untuk poster kemudian diterima sebagai oral.

Wasalam,
EAS

> abah,
>
> kalo soal kredit utk makalah yg dipresentasikan oral dan poster, saya
> enggak tahu. mungkin teman2 di kampus atau lembaga pemerintahan lebih
> mengerti. silakan dibagikan ceritanya..
>
> saya munculkan hal ini, sebab sudah lebih dari 5 tahun, iagi mengikuti
> jejak ipa utk menganggap bahwa presentasi poster adalah sama
> derajatnya dengan oral. kebetulan saat ini saya diserahi amanah utk
> pegang tongkat di kepanitiaan ipa 2008 bagian tpc (technical program
> committee). eh, enggak disangka, secara tidak langsung ternyata ada
> [...]

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod