Rekan-rekan,

Minggu lalu saya sampaikan melalui IAGI-net mengenai ide untuk membuat seismic
atlas Indonesia. Banyak rekan yang menghubungi saya lewat japri dalam seminggu
ini, dan saya juga siapkan 'draft'-nya lewat website.

Ide awalnya diterbitkan lewat IAGI, tapi nara sumber di IAGI mengatakan bahwa
publikasi yang terdahulu: An Outline of the Geology of Indonesia tidak laku.
Hal ini justru membebani IAGI, karena IAGI sudah mengeluarkan uang, dan
sekarang harus disimpan di gudang. Padahal dulu salah satu misi kami adalah
untuk menghasilkan uang untuk IAGI dari keuntungan buku tersebut.

Karena informasi ini, saya menghubungi IPA yang tertarik dengan ide ini. Namun
demikian mereka belum memberikan keputusan final. Saya akan hubungi mereka lagi
kalau atlas ini sudah mulai kelihatan 'bentuknya'..

Sementara tunggu-tunggu urusan perijinan etc. saya siapkan website/blog-nya
dengan alamat:
http://geoseismic-indonesia.blogspot.com/
Masih dalam konstruksi...

Kalau ada rekan-rekan yang mau memberikan kontribusi, silahkan hubungi saya
melalui jalur pribadi.

Tujuan pembuatan atlas ini antara lain untuk:
- memberikan gambaran geologi regional bagi calon investor
- memudahkan mahasiswa atau pengajar untuk mencari contoh-contoh basin setting
dan seismik profile-nya (banyak world class geological features / text book
examples di Indonesia).

Semua kontributor akan saya cantumkan dalam "acknowledgment" tapi sumbernya
harus jelas. Banyak geophisical company yang sudah memberikan kesediaannya
untuk mendukung proyek ini.

Saya juga ingin menjelaskan bahwa pembuatan atlas ini tidak ada hubungannya
dengan perusahaan tempat saya bekerja (dikerjakan di luar jam kantor).

Salam,

> Herman Darman

Kirim email ke