Pak Zaim, pak Miko...

Mungkin gawir terjalnya sendiri tidak langsung berkaitan dengan sesar,
karena kalau melihat peta topografi, gawir vertikal itu mempunyai
morfologi yang relatif melingkar (seperti suatu collapse sinkhole di
daerah karst; tapi jelas bukan). Pada Peta Geologi Lembar
Sindangbarang-Bandarwaru, bagian dasarnya dipetakan sebagai aluvial
Kuarter. Jadi, suatu collapse raksasa pada suatu plateau. Saat saya kesana
tahun 1997 (sudah lama sekali) saya belum menemukan jawaban yang minimal
memuaskan kepenasaranan saya.

Salam,
BB