Pak Koesoema,

Satu ikat manuskrip tulisan tangan van Bemmelen (1949) pernah ditunjukkan
kepada saya oleh Prof Tobi dari Belanda pada tahun 1987 saat Prof Tobi
mengunjungi Geologi UNPAD. Saat itu saya masih mahasiswa dan tak terpikirkan
untuk minta izin meng-copynya. Saya tak tahu apakah itu manuskrip pertama
sebelum PD-2 atau setelahnya karena pada saat itu saya belum tahu bahwa van
Bemmelen menulis bukunya itu dua kali. Setelah Arie Lasut gugur, saya pikir
Belanda mungkin mengambil kembali beberapa manuskrip dan arsip yang pernah
dibawa Arie Lasut.

salam
Awang