From: Shofiyuddin [mailto:shofiyud...@gmail.com]
Sent: Friday, April 16, 2010 8:16 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Petrophyics, vuggy porosity model

Kali kali aja rekan yang mau share.

Saya lagi buat model vuggy porosity untuk batuan karbonat. Dari core, di
beberapa interval kedalaman sangat keliatan begtiu juga dari CT Scan.

Dari beberapa sumber yang saya baca, peranan log sonik sangat signifikan ini
karena ada asumsi bahwa log sonik hanya membaca matrik porosity. Sehingga
beberapa model perhitungan vuggy porosity hampir selalu melibatkan selisah
antara PHIT - PHIS (Total Porosity dikurangi Sonik Porosity). PHIT di tempat
saya bisa langsung didapatkan dari kalibrasi helium porosity dari core.

yang menarik adalah, perhitungan sonik porosity di sumur sumur saya hampir
selalu lebih besar dibandingkan dengan total porosity nya? meskipun sudah
dikoreksi terhadap hidrokarbon atau di kondisikan dalam kondisi basah air.

Adakah yang punya masalah yang sama? kalo tidak, bagaimana saya bisa
menghitung besarnya vuggy porosity? dalam kondisi apa PHIS lebih besar dari
PHIT? adakah cara laen vuggy porosity dengan konvensional log? atau mungkin
ada yang punya pengalaman ngitung porosity dari image log menggunakan
geolog?

Saya punya data petrography point count yang memilah milah jenis porositynya
(vuggy, moldic, interparticle dsb). Apakah saya bisa langsung menghitung
jumlah vuggy porosity berdasarkan itu? misal yang terhitung adalah 40.
Berdasarkan point count yang 250, maka vuggy porositynya dalah 40/250?

Kalo anda punya reference, saya akan terima dengan senang hati.

Salam

Shofi

01:31:00

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...