Kondur sebenernya penah ngetest shale gas/shale oil ini, di Pematang
brown shale. Wektu itu dilakukan openhole test (barefoot test) di
sumur DC-1. Tapi wektu itu aku ga ngerti kalau ada teori shale gas
atau shale oil. Sumur DC-1 ini sudah dipublikasikan. Hehehe ini paper
pertamaku di IPA, wong baru 4 th kerja :). Kalau ga salah tahun 90an
belum popler.
Namun selanjutnya ada lapangan lain yg saya coba hitung reservesnya
dan mestinya Pematang Brown Shale ini sangat-sangat prospective utk
Shale gas/oil.

Rdp

On 16/07/2010, Yo Sumartojo <sumar...@bellsouth.net> wrote:

> [...]
> Australia. Kalau anda "Google", Colorado School of Mines berkala mengadakan
> konperensi dan loka karya tentang pengembangan serpih minyak.
>
> Kalau saya boleh "ngecap", saya pernah mengerjakan riset tentang serpih
> minyak sewaktu bekerja di "Exxon Production Research Company" di Houston,
> A.S. (1980-1986). Sekarang di A.S. mulai digiatkan lagi untuk menangani
> serpih hitam ("black shale") sebagai sumber minyak dengan teknologi
> pirolisis dan pemecahan ("fracturing"?) untuk membebaskan kandungan gas
> (misalnya serpih hitam Chattanooga di negara bagian Tennessee, Georgia).

Sent from my mobile device

You can do hard way or you can do smart way ... both ways need you to
do it any way ... not just discuss it in the hall way.