Adanya rekahan pada puncak gunung api yang dibentuk oleh faktor deflasi dan
inflasi magmatik, memungkinkan untuk terjadinya infiltrasi airtanah (airtanah
dapat berasal dari infiltrasi air hujan) ke dalam tubuh magma. Kita tahu bahwa
meskipun gunung Sinabung merupakan gunung api Tipe B, namun di bawahnya masih
ada aktivitas magmatik yang ditandai dengan adanya sulfatara dan fomarola
aktif.
Besarnya air infiltrasi ke dalam tubuh magmatik dibandingkan dengan sumber
magma
yang memanaskannya hingga menguapkannya sangat jauh lebih kecil. Makin besar
tingkat infiltrasi, makin besar pula pembentukan uapnya, serta makin besar pula
penambahan tekanan erupsi. Memang benar, untuk membentuk tekanan freatik
diperlukan waktu yang sangat lama; Gunung Tambora membutuhkan waktu ribuan
tahun, Gunung Krakatau membutuhkan waktu 600 tahun, dan tidak menutup
kemungkinan Gunung Sinabung pun yang sudah 400 tahun tidak aktif secara
eksplosif dapat terjadi pula. Makin lama wakti inaktifnya, makin besar
kemungkinan erupsi eksplosifnya.

Lamanya waktu inaktif suatu gunung api, juga dapat menimbulkan pemisahan
magmatik oleh proses crystal settling, dari yang bersifat basaltik-andesitik
(paling bawah), kemudian bersifat andesitik-dasitik (karena pengurangan unsur
mineral mafik) hingga dasitik-riolitik (bisa saja dijumpai di Sumatera) dan
yang
paling atas adalah busa magma yang dibentuk oleh campuran uap (airtanah) dengan
permukaan tubuh magma. Pada kondisi ini air tidak akan berbentuk fluida, tetapi
secara keseluruhan dalam bentuk uap (steam). nah, uap inilah yang membentuk
tekanan erupsi, jika volumenya sangat besar maka dapat menimbulkan erupsi yang
bersifat sangat eksplosif.

OK. ntar dilanjutkan lagi, mau sholat maghrib dulu. Wallahualam bisssawab.

 Salam

Sri Mulyaningsih