Jadi pendiri IAGI yang resmi itu 3 orang, bukan 6 orang. Yang 6 orang itu dapat kita anggap sebagai para pelopor para ahli geologi generasi pertama (angkatan pertama) termasuk Bp Johanas, yang masih ada. Walaupun bukan pendiri secara resmi, tetapi dapat dianggap para "founding fathers". Pada waktu didirikan IAGI ada beberapa tokoh ahli geologi yang bukan lulusan universitas, antara lain Bp Djajadi Hadikusumo, pada waktu itu salah seorang pejabat di Jawatan Geologi/Volkanologi, lulusan Akademi Geologi dari berbagai zaman, antara lain Akademi Geologi di Jogya semasa Revolusi, Akademi Geologi di Bandung yang pendidikan dititipkan pada Bagian Geologi FIPIA UI Bandung (sekarang ITB) di tahun lima puluhan. Makanya digunakan istilah Ikatan Achli Geologi Indonesia, dan bukan Ikatan Sarjana Geologi Indonesia. Tidak lama sesudah IAGI dibentuk terjadi gejolak politik yang juga ikut menguncang organisasi profesi juga, yang banyak menjadi onderbouw dari partai politik dalam suana yang mengerikan. Pada peristiwa 30 Sept kepengurusan kita mendapat masalah (saya pada waktu itu menjabat Sekretaris IAGI tetapi sudah mengundurkan diri karena saya pergi ke luar negeri). Atas kepiawaian Bp Soetaryo Sigit IAGI beserta kepengurusannya ditidurkan/dibekukan, sampai tahun 1974. Pada Pertemuan Geosea I di Kuala Lumpur Indonesia tidak terwakili IAGI, namun pada waktu berkumpul para senior geologist (umurnya masih 30-an) dan mencetuskan untuk membangunkan kembali, pada waktu mana saya diberi tugas itu. Maka saya menjadi Ketua IAGI pada tahun 1974, dan apa yang saya kerjakan pada waktu adalah menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Geologi Pertama yang tersentil/meniru adanya Geosea 1 dan adalnya conventions yang dilakukan Persatuan Geologi Malaysia, ataupun adanya annual conventions dari AAPG, pada waktu mana saya jadi anggota
Wassalam
RPK

----- Original Message ----- From: "Maryanto" <maryan...@yahoo.com>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Thursday, September 30, 2010 8:24 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] 50 tahun IAGI: Tokoh Panitia 6

Salam,

Amat menarik diskusi tentang sejarah dan pendiri IAGI.
Apakah dengan masuknya Pak Djajadi Hadikusumo, "Toko Panitya 6" menjadi "Tokoh
Panitya 7" ?

Convention pertama, ternyata setelah umur 14 th (1974), sejak berdirinya th
1960.

Bila ada yang tahu alamat pendiri IAGI (yang masih hidup tentunya), mohon japri alamat yang bisa kami hubungi (telpon, email, atau surat, atau yang lain). Saya
dengar ada dua: Pak Sutarjo Sigit, Pak Johana.

Kalau beliau senang, kami telah jauh hari merencanakan hadiah doa "Semoga Allah swt memberkahi Bapak/Ibu selama hidup di dunia dan membalasi surga di akherat
kelak.", yang kami sediakan tahunan.

Wass,
Maryanto.