Sepakat dengan dua rekan dibawah ... baru tau juga bahwa kita bisa mengestimasi
Total Porosity dan Sw dari Mud, Gas Data dan Drilling Parameter data ...

Apabila Electric Log dan Pengukuran Core saja masih mengandung ketidakpastian
pengukuran (uncertainty measurement) maka bagaimana dengan pengukuran tersebut

Sudah coba cari2 di Prof Google mengenai hal ini juga tidak ada yang nyambung,
keyword yang saya gunakan Porosity, Sw, dan Drilling parameter ... mungkin saya
saja yang belum menemukan kali yah ...

Yang saya tau untuk mengestimasikan Rock Strength dengan Bingham Methods yang
menggunakan drilling parameter akan tetapi metoda ini pun apabila di koreksi
dengan hasil pengukuran core kadang kala sangat jauh hasilnya ... dan juga hal
ini secara prinsip pengukuran masih diragukan karena apabila ada perbedaan
jenis mata bor maka harusnya metoda nya juga berbeda ... ini sebatas
pengetahuan saya ...

Mungkin rekan2 lain ada yang bisa menambahkan

Regards
Jeres R.C.