Pak Nataniel,

Rumus yang saya gunakan, saya ambil dari paper berikut ini :
http://www.eti-geochemistry.com/elsevier/images/figure20.pdf

dengan menggunakan Pixler ratio diagram, dilakukan perhitungan C1/C2, C1/C3,
C1/C4 dan C1/C5. Plotting terhadap perbandingan gas C1-C5 tersebut akan
memperlihatkan suatu trend apakah kita berada di zona gas atau zona minyak.

Semoga membantu.

Salam,
Arya Nugraha