Pak Sugeng,

Betul Pegunungan Himalaya sampai saat ini masih terus bertambah tingginya
karena suatu gaya tektonik gayaberat/vertikal yang disebut "ekshumasi". Ada
sebagian kerak kontinen India yang ikut menyusup di bawah Tibet karena terikat
oleh kerak samudera di depannya saat subduksi pra-Eosen terjadi. Karena kerak
kontinen lebih ringan, kerak ini tak bisa masuk mengikuti kerak samuderanya
masuk ke dalam mantel. Sambungan antara kerak benua dan kerak samudera ini
putus (break off). Sejak saat itu, kerak kontinen yang ikut menyusup ini
melakukan 'ekshumasi', yaitu terangkat (kembali) ke atas karena densitasnya
yang lebih ringan dibandingkan sekelilingnya. Naiknya kembali kerak kontinen
ini menyebabkan Tibet terangkat, yang selanjutnya akan mengangkat Pegunungan
Himalaya. Jaringan GPS yang disebar oleh beberapa lembaga penelitian di sini
menemukan penambahan ketinggian Himalaya sekitar 15 mm/tahun.

Pegunungan Himalaya sesungguhnya adalah sebuah suture - sambungan, yaitu zone
benturan antara India dan terrane dari Eurasia bernama sektor Tibet. Sebelum
India membentur Tibet, di wilayah Himalaya ini adalah kerak samudera Tethys
(Ceno-Tethys) yang lalu tertekan, terobduksi ke satu sisi, bahkan kemudian
lepas dari kerak samudera induknya, sehingga jalur kerak samudera tertekan ini
(baca: ofiolit) menjadi rootless alias tak punya akar seperti ditunjukkan oleh
data gayaberat dan crustal architecture-nya. Sebagai batas kontinen maka di
wilayah Himalaya ini diendapkan juga sedimen2 paparan dan lautdalam. Semua
batuan ini, baik ofiolit, gamping paparan, dan silisiklastik lautdalam kini
tertekan menjulang menjadi pegunungan paling tinggi di dunia di atas 8500 mdpl:
Himalaya.

Saat ini Himalaya bukan jalur gunungapi sebab ini adalah pegunungan benturan
(bandingkan dengan Meratus di Kalimantan Selatan, dan Punggung Tengah Papua di
Papua). Tetapi gejala magmatis berupa intrusi-intrusi tetap terjadi. Kalau mau
mencari subduction-related volcanism ala Sumatra-Jawa, maka kita harus
melacaknya sampai ke pra-Eosen, yaitu Mesozoic, saat subduksi kerak samudera di
depan India masih menunjam di bawah Eurasia.

Pegunungan-pegunungan yang Pak Sugeng sebutkan (a.l. Pegunungan-2 Ningjing
Shan, Hengdun Shan -Shan = pegunungan) di Cina selatan, semuanya itu adalah
pegunungan-pegunungan benturan juga (suture). Menurut teori terrane tectonics,
kerak kontinen Eurasia itu dibangun oleh banyak blok terrane/mikrokontinen yang
dulu saling terpisah kemudian sekarang bersatu melalui peristiwa tektonik.
Jadi, pegunungan-pegunungan itu sebenarnya membatasi dua atau tiga terrane yang
berbeda. Amalgamasi (bersatunya) terranes ini semuanya terjadi pada Mesozoic.
Ketika extrusion tectonics terjadi mulai Eosen, beberapa jalur pegunungan yang
sesungguhnya merupakan jalur lemah sambungan/suture ini kemudian tereaktivasi
menjadi sesar2 mendatar besar seperti Karakorum Fault, Altyn Tagh Fault yang
sering menjadi sarang episentrum gempa di wlayah Cina selatan dan barat.

Kecuraman lembah sungai-sungai di pegunungan benturan ini sebagian besar
disebabkan reaktivasi pegunungan ini menjadi zona-zona sesar mendatar yang
master faultnya selalu vertikal dan membuat tebing sangat curam di bidang
sesarnya. Tak mengherankan para pendekar kung fu di Tibet memanfaatkan alam ini
untuk menempa dirinya...

Stone Forest di Kunming iya itu adalah bentukan alam atas batugamping yang
membentuk pinnacle yang luar biasa. Boleh dibandingkan dengan semua pinnacle
Kais di Ayamaru, Kepala Burung Papua. Semoga jadi jalan2 Pak Sugeng dan bisa
membagi ceritanya di sini.

salam,
Awang

--- Pada Rab, 30/3/11, Sugeng Hartono