Saya adalah mungkin segelintir orang di mailing list ini yang masih mengalami proklamasi 17 Agustus 1945, walaupun waktu itu saya berumur 9 tahun. Dalam bidang ilmu tidak terbayang waktu itu bahkan beberapa dekade kemudian bahwa orang Indonesia dapat jadi geoscientists yang berkiprah di luar negeri, di seluruh dunia bahkan di negara-negara yang sudah maju.
Ini suatu kemajuan yang luar biasa. Dirgahayu Hari Kemerdekaan RI ke-66
RPK

----- Original Message ----- From: "S. (Daru) Prihatmoko" <sd...@indo.net.id> To: "Milist MGEI" <economicgeol...@yahoogroups.com>; "IAGI-net" <iagi-net@iagi.or.id>; "Milist Geougm" <geologi...@googlegroups.com>
Sent: Wednesday, August 17, 2011 8:17 PM
Subject: [iagi-net-l] 66 tahun setelah Merdeka

Rekan-rekan,

Hari ini, 66 tahun lalu, bung Karno dan bung Hatta mengumandangkan kemerdekaan negeri kita tercinta, Indonesia. Merdeka dari belenggu penjajahan bangsa lain. Penjajahan fisik, politik, dan ekonomi serta bentuk penjajahan lainnya, termasuk dalam hal pengelolaan sumberdaya kebumian-nya.

Pada saat itu, beberapa nama ahli geologi Belanda dengan hasil studinya menjadi referensi informasi sumberdaya kebumian, bahkan sampai kini. Sebutlah di antaranya Van Bemmelen, Verbeek, Fenemma dll , dimana belum satupun warga dari negeri besar ini mengenyam pendidikan dan menyandang predikat ahli geologi pada saat itu (semoga saya tidak salah).

Kini, 66 tahun kemudian ribuan ahli geologi bangsa Indonesia telah kita punyai (anggota IAGI saja sekitar 4000-an). Seluruh pelosok tanah air telah kita jelajahi. Hutan, gunung, rawa dan dasar laut-pun kita jejaki, untuk memetakan kekayaan kebumian negeri kita. Ribuan hasil penelitian, makalah ilmiah dan laporan sumberdaya kebumian telah dibuat dan publikasikan.

Pertanyaan yg menggelayut di benak kita, setelah 66 tahun merdeka, sudahkah pengelolaan sumberdaya kebumian kita dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kepentingan bangsa ini? Sudahkan ahli geologi Indonesia bisa memainkan perannya dengan baik? Sudahkah ahli geologi kebumian Indonesia menjadi tuan di negerinya sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan PR besar buat kita semua, komunitas geologist Indonesia, dan terutama sekali menjadi tugas pengurus IAGI yg ketuanya untuk periode 2011 - 2014 akan kita tentukan bersama bulan depan. Siapapun ketuanya nantinya saya dan kita semua berharap concern diatas bisa mendapatkan perhatian melalui program2 nyata dan membumi.

Mang Okim, mas Tetuko, mas HTS, mas Budi STJ dan kawan2 lainnya, terima kasih atas doa tulusnya untuk kesehatan saya. Insya Allah, dengan doa rekan2 semua saya akan sehat dan kita tetap akan bisa berkontribusi untuk kemajuan ilmu dan pengelolaan sumberdaya kebumian Indonesia, sesuai kapasitas, posisi dan cara kita masing2.

Selamat HUT RI ke 66... Merdeka!!

Daru
Sent via mobile phone.....
S. (Daru) Prihatmoko

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...

For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id