Pak Awang dan Mas Ferdi serta rekan lainnya,

Meskipun hanya bersifat interpretatif saya berharap pemikiran dan ide ke
arah sana terus dijaga dan dipertimbangkan.

Jika kita coba membandingan Java arc dengan Norteast Japan Arc maka akan
terlihat NE Japan Arc lebih "ideal" dibandingkan Java Arc, baik dari
distribusi dan densitas gunungapinya hingga jika kita mengutak-katik data
kimianya.

Di NE Japan Arc distribusi dan densitasnya mempunyai pola tertentu
sehingga gambaran hot finger dan terlihat dengan baik. Di Jawa? kalau
hanya sekilas memang terlihat terdistribusi dengan baik dari barat ke
timur, hanya jika kita perhatikan dengan baik bisa kita
kelompok-kelompokan menjadi beberapa grup tersendiri (bergerombol), bahkan
yang terlihat membentuk pola cukup baik yaitu di Jawa Barat yang dikatakan
sebagai Triangular Volcanic Complex (Katili & Sudrajat, 1984).

Setelah melihat  NE Japan Arc, kita coba sedikit kita turun ke Central
Honshu Arc daerah Tokyo, Kobe, Osaka dll dimana posisi arc tidak lagi
tegak lurus terhadap subduksi, oblique. Densitas Gunungapi pun terlihat
menurun drastis, justru gempa-gempa besar yang diakomodir oleh strike-slip
mulai banyak terjadi, katakan gempa Kobe 1995 yang mematikan.

Variasi across maupun along arc di NE Japan Arc sendiri memperlihatkan
hubungan yang baik dan relatif simple, hal ini coba dijelaskan oleh
Kersting et al. (1996) karena NE Japan arc terbagi menjadi dua terrane
dengan Tanakura tectonic line sebagai pembatasnya.

Jadi interpretasi bahwa distribusi di Jawa sebagai ekspresi pengaruh
keberadaan dan jenis sobekan yang berkembang pada upper crust dan juga
sebagai bentuk cerminan heterogenitas dari komposisi lower crust memang
patut dipertimbangkan dan didalami.

Ada beberapa bukti yang cukup menarik yang mungkin bisa dijadikan alasan
tentang dua kemungkinan di atas selain distribusi dan densitas yang sudah
dibahas, yaitu:

1. Saya sependapat bahwa LILE dan K2O memperlihatkan variasi across dan
along arc di Jawa misal withford 1975; withford et al 1979; soeria-atmadja
et al 1991 dan sendjaja et al 2009, secara kasar iya saya sependapat ada
variasi. Populasi data yang kurang mungkin menjadi salah satu faktor
sehingga terkesan ada variasi acroos maupun along arc.

Jika kita periksa lebih dekat katakan variasi K2O 55 (normalisasi ke SiO2
55)  vs Jarak terhadap palung maka variasi across arc tidak terlihat
dengan baik pada bagian volcanic front. Saya mainkan K2O 55 agar data yang
digunakan tidak data tunggal dari 1 gunungapi untuk mengoreksi kekurangan
data di Jawa.

2. Variasi Sr-Nd Isotope
Banyaknya data-data baru dari studi Sr-Nd semakin memperlihatkan tidak
adanya variasi across arc.

3. Kemunculan Fenokris Piroksen, Amfibol dan Biotit
Kemunculannya tidak memperlihatkan pola sistematis, terkadang overlapping
secara posisi.

Beberapa contoh di atas mungkin bisa jadi pertimbangan akan cerminan
distribusi struktur dan komposisi kerak di Java arc yang lebih komplek
dibandingkan NE Japan arc.

Besar harapan saya agar riset tentang gunungapi lebih diminati dan
diberdayakan secara maksimal sebagai pengiring studi lainnya paling tidak
untuk Jawa dulu, agar model tektonik terbaru bisa lebih elegan dan pas
dengan proses magmatisme yang ada.

Hanya keinginan.

Salam,
Mirzam A