Mbak Wulan dkk
Salah satu tugas IAGI dan juga MGEI dalam hal ini adalah meyakinkan smua
stake holder tentang keruwetan ini. Yang lebih penting adalah meyakinkan ke
stake holder bahwa usaha atau pekerjaan yang kita lakukan akan
menguntungkan semua. Ketika satu pihak merasa tidak untung (untungnya
sdikit) maka akan terjadi diskusi yg bisa juga menjadi gejolak dan salah
satu yang sering terjadi adalah stagnan atau terhentinya operasi.
Mnurut hemat saya salah satu tugas IAGI (dan juga anggotanya) memberikan
penjelasan kegeologian kepada stake holder, smua pihak, tentang fenomena
atau kondisi geologisnya. Jadi hal hal tehnis geologi ini yang harus
menjadi dasar berpijaknya IAGI. Tentusaja selalu didalamnya ada dinamisasi
dan perkembangan ilmu geologi.

Apa yg perlu dilakukan IAGI dalam kerumitan tumpang tindih ini? Tentusaja
salah satu yg terpenting memberikan penjelasan atau edukasi atau
sosialisasi ttg kondisi geologinya. Dalam hal explorasi pertambangan
tentusaja memberikan pengertian tentang langkah2 apa saja yang dilakukan
geologist dalam proses dan operasi eksplorasi ini.

Nah hari ini, siang ini, saya kebetulan menjadi nara sumber dalam lokakarta
jurnalistik yg diselenggarakan Lembaga Pers Dr Soetomo, di Surabaya. Ini
salah satu upaya IAGI dalam mensosialisasikan kepada Media tentang
pengusahaan ekplorasi dan produksi migas. Tentunya suatu saat nanti juga
perlu diisi rekan-rekan pertambangan, mitigasi kebencanaan dan kawan-kawan
bidang lain. Upaya memberikan penjelasan dari sisi keilmuan geologi

On Saturday, December 3, 2011,  <wulandari.mandrad...@gmail.com> wrote:

> Pak RDP ini senang sekali bercerita,,menarik sih pak,,tapi yang saya
ingin tanyakan, kira2 Bapak sebagai KETUA IAGI TERPILIH, solusi real apa
yang akan dilakukan untuk mencoba menembus sistem birokrasi yang rumit di
negara ini?mungkin kalo share ide yang real,cerita di bawah akan lebih
menarik Pak.

> Cheers,
> Wulan
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ________________________________
> From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
> Sender: economicgeol...@yahoogroups.com
> Date: Sat, 3 Dec 2011 05:42:59 +0700
> To: economicgeology<economicgeol...@yahoogroups.com>; IAGI<
iagi-net@iagi.or.id>
> ReplyTo: economicgeol...@yahoogroups.com
> Subject: [economicgeology] Perijinan dan birokrasi.
>

> Quote "Hanya saja kata Prihatmoko, sebelum melakukan eksplorasi izinnya
lebih dulu habis karena izin dari kehutanan agak belakangan dan lama
diterbitkan. "Izin ekplorasi selama dua tahun. Cukup lama juga baru izin
kehutanan terbit, kira-kira dua tahun. Nah,  artinya sebelum izin
eksplorasi digunakan, sudah harus diperpanjang lagi, karena habis masanya.
Kami sangat berharap ada perhatian pemerintah dalam hal-hal seperti itu,"
katanya."

> Sepertinya tumpang tindih perijinan ini tidak hanya di migas dan
pertambangan saja. Bahkan saya dengar utk industri dan pengusahaan lahan yg
lain. Kalau seperti ini terjjadi tentunya stiap kegiatan akan tertunda.

> Dalam industri migas jeda waktu sejak diketemukan hingga produksi selama
lebih dari 10 tahun bahkan bisa lebih dari 15 tahun. Dahulu bahkan bisa 30
tahun untuk mencapai peak production. Namun satu hal yg menarik jaman Orba
yg membuktikan bahwa bisa kurang dari 7 tahun. Lapangan Arun diketemukan
skitar 1969 tetapi produksi lng sudah bisa dimulai dikapalkan tahun 1976.
Ternyata kalau mau dan niyat segalanya BISA dilakukan. Nah sekarang ini
dimana handicap paling banyak, perijinan atau tehnologi ?

> Rdp
>
> --
> "Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"
>
> __._,_.___
> Reply to sender | Reply to group | Reply via web post | Start a New Topic
> Messages in this topic (2)
> Recent Activity:
>
> Visit Your Group
> MARKETPLACE
>
> Stay on top of your group activity without leaving the page you're on -
Get the Yahoo! Toolbar now.

--
*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke