Menurut saya Permen ini bagus, cuma waktu pelaksanaannya nya ajah yang
sedikit gegabah.

Dalam UU Minerba (4/2009) ditulis, pemegang kontrak karya wajib
melaksanakan pemurnian selambat2 nya 5 tahun setelah UU 4/2009 disyahkan.
(artinya tahun 2014).

Nah, dalam permen ini (7/2012) ditulis, setelah Permen ini keluar, maka
dalam 3 bulan kedepan tidak boleh export raw material.

FYI, untuk logam : smelther yang ada di Gresik saja tidak sanggup
menampung "raw material" dari FI dan NNT, sehingga sebagian besar dikirim
ke Japan (Sumitomo).

Belum bicara nikel di sulawesi, manganese di Timor, iron ore di Lampung
dan West Sumatra dll.

Untuk kesiapan infrastruktur pemurnian ini, tampaknya Pak Menteri sangat
tidak cermat. Mungkin sebentar lagi permen ini di-anulir..:)

Salam,

aZd

Musti bicara langsung ke mereka. Ndak punya/blm punya jalur ke sana.
Powered by Telkomsel BlackBerry®