 From: Joseph M. Sihombing <jsihombin...@yahoo.com>
To: "iagi-net@iagi.or.id" <iagi-net@iagi.or.id>
Sent: Sunday, March 4, 2012 12:58 PM
Subject: Re: Bls: Re: [iagi-net-l] Baru nongol sudah mau digebuk

Ironis pernyataan seorang birokrat mengenai uji emisi... terkesan merendahkan
ketidakmampuan 'pemilik' mobil esemka untuk membayar biaya  uji emisi

"Kapan saja mobil Esemka kalau ingin melakukan uji emisi boleh-boleh saja,
enggak ada batasan waktu. Tapi sanggup enggak mereka membayar Rp 12 juta setiap
kali uji emisi?" ujar Bambang saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (4/3/2012).

Ironisnya lagi biaya uji emisi yang sedemikian tingginya??
berdasarkan pengalaman saya memiliki kendaraan bermotor diluar negri yang
setiap kali perpanjang registrasi kendaraan (STNK) harus melakukan uji KIR, dan
salah satunya adalah uji emisi gas buang... Biaya yang diperlukan tidak lebih
dari Dhs 120 atau sekitar Rp 300.000,-

Apakah sedemikian mahalnya uji emisi gas buang di tanah air sehingga tidak
menjadi persyaratan utama kelaikan sebuah kendaraan bermotor?
atau kesalahan Jokowi membawa mobil Esemka untuk di uji di BPPT? mungkin
seharusnya dibawa ke tempat uji KIR biasa saja.... yang berdasarkan posting-2
lain bisa meloloskan bis kota dengan asap hitam mengepul keluar dari knalpotnya
sesaat setelah keluar dari tempat uji (selama uji mesin mati).

Salam

Joseph

PS: link berita kutipan diatas..
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/04/11050358/Esemka.Boleh.Diuji.Ulang.Asalkan.Bayar.Rp.12.Juta