Lah kok nunggu paper, buat saja dulu, tar kan banyak yang usul dan dapat jadi
masukan yang baguus.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Anggoro Dradjat <adradjat....@gmail.com>
Date: Tue, 20 Mar 2012 08:42:57
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net-l] Frac dan gempa
Dear Iagier,

Dari segi structur geology, geomechanics sepertinya ada peluang
fracking bisa mengakibatkan gempa. Akan tetapi kita belum ketemu
papernya, kalau ada yang sudah ketemu boleh juga bagi-bagi, peluang
ini akan lebih besar jika reservoirnya terdeplesi.

Ketika lapangan minyak diproduksi maka akan terjadi penurunan tekanan
pori, penurunan tekanan pori dan pembebanan vertikal Sv akan
menyebabkan perubahan pada Sh min  (minimum horizontal stress) menjadi
lebih rendah. Pada harga Sh min yang lebih rendah inilah yang akan
mengakibatkan kekuatan retak batuan menjadi lebih rendah (stress
normal dan geser pada batuan)

Dari core batuan dapat dilakukan pengujian triaxial test  dengan
menggunakan gaya dua arah secara vertikal S1 max maka yang terjadi
adalah stres minimum S2=S3=0
dengan metoda ini maka akan dapat diketahui rock strength dipermukaan
bumi(Uncofine rock strength) juga akan diperkirakan kekuatan batuan
sebagai fungsi kedalaman. Pengukuran ini dapat memberikan data pada
satu titik kedalaman pada lubang bor.

Data sonic log yang didapatkan dari hasil pemboran sumur dapat
dipergunakan untuk menghitung UCS (uniaxial rock strength) dalam suatu
zona kedalaman reservoir, perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan
persamaan.
Dengan menggunakan menggukuran UCS dan Sh min inilah akan dapat
dihitung berapa PSI (pound per square inch) suatu batuan pada
kedalaman reservoir dapat terekahkan.

Pada umumnya di Indonesia lapangan minyak terbentuk didalam suatu
structure kompresi reverse fault dimana dimana horizontal stress
maximum (Sh max )lebih besar dari stress vertikal (Sv) akan tetapi ada
juga lapangan minyak yang strukturnya terjadi karena proses tarikan
dimana Sv lebih besar dari SH max. Karena kekuatan tarik dari batuan
jauh lebih kecil dari pada kekuatan tekan ( kurang lebih 1:10) maka
pada tektonik tarikan akan lebih mudah terkahkan sehingga akan dapat
lebih mudah memacu kegempaan.

Saya sendiri belum tahu dan belum mempelajari tektonik dari cekungan
di Ohio dan di UK akan tetapi kegempaan akan mungkin lebih mudah
terjadi jika pada reservoir banyak dilakukan aktivitas misalnya
pengurasan minyak dengan cepat yang akan mengurangi pore presure
mungkin ditambah lagi dengan water floot dengan volume fluida yang
cukup significant kemudian dengan dengan adanya fracturing akan lebih
membuat ketidak seimbangan.

Kalau ada yang berminat mempelajari geomechanics ada buku yang bagus
yang berjudul "Reservoir Geomechanics" karangan Mark D. Zoback,
Cambridge University Press 2007.

Salam
Anggoro Dradjat