Wis pas.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: apwidodo.1...@gmail.com
Date: Sat, 14 Apr 2012 08:42:03
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net-l] Data Data Data !!!
Pak Harry Kusna Yth,
Mungkin perlu sedikit di luruskan.
1. Data Milik Negara (UU 22/2001)
2. Krn milik negara mk ditunjuk wakil negara utk pengelolaannya, dulu
MIGAS-ESDM, sekarang Pusdatin-ESDM.
3. Krn butuh biaya, tapi tdk dianggarkan di ABPN, mk dikerjasamakan oleh
MIGAS/Pusdatin dgn PND dgn system royalty.
4. Krn nya, kewajiban pengelolaannya hrs dilakukan PND (to gather,
storage,remastering,value added data), mk Hak pemanfaatannya diberikan juga kpd
PND, boleh me" Lisence to Use Data (LUD)" data kpd user dgn periode tertentu
(pertama kali 3 thn, perpanjangan 1,2,dst tergantung user). "DATA TIDAK
DIPERJUAL BELIKAN" : "TIDAK ADA PEMINDAHAN HAK MILIK ATAS DATA" tapi "PEMBERIAN
HAK PAKAI DGN PERIODE TERTENTU"
5.Utk mencegah kebocoran data, dibuatkan online sistem MONALISA (monitoring
Lisence To Use Data) dari Pusdatin kpd PND. Supaya PND Gak ....cem macem...!!!
Sekaligus mematikan nilai ekonomi "DATA PASAR GELAP". Kita doakan saja semoga
habis GELAP terbitlah  TERANG..., karena kalau tdk salah di FOKWE(Forum KKKS
Eksplorasi) ada usulan SUN SET POLICY utk pengembalian data ke pangkuan Ibu
Pertiwi....semoga.!!! Mari kita tunggu.
Demikian pak, mdh2an bermanfaat.
Matur Nuwun.
APW